CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 -0,70%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Dinyatakan Ilegal, Ini Beberapa Youtuber yang Pernah Promosikan OctaFX


Selasa, 22 Februari 2022 / 13:19 WIB
Dinyatakan Ilegal, Ini Beberapa Youtuber yang Pernah Promosikan OctaFX
ILUSTRASI. Calon investor mengamati grafik perdagangan mata uang kripto di Jakarta, Senin (3/5/2021). (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menghimbau agar para artis menghentikan promosi platform trading OctaFX. Sebab, ia mengungkapkan entitas tersebut merupakan entitas ilegal.

“OctaFX itu adalah kegiatan entitas luar negeri, pialang luar negeri yang tidak memiliki izin dari Bappebti sehingga itu merupakan kegiatan ilegal,” ujar Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti, Aldison Karorundak dalam kesempatan media briefing, Senin (21/2).

Dikarenakan terbukti ilegal, Aldison pun meminta para artis untuk segera tidak melakukan lagi kegiatan promosi pada entitas tersebut. Selanjutnya, Bappebti akan memproses platfom tersebut lebih lanjut mengingat pihaknya mempunyai kewenangan melakukan penindakan meskipun saat ini situs tersebut sudah diblokir

Jika ditelusuri lebih lanjut, ada beberapa artis maupun Youtuber yang pernah mempromosikan platform trading OctaFX tersebut. Pertama, ada Boy William yang dalam videonya juga memasarkan entitas ilegal tersebut.

Baca Juga: Kerugian Robot Trading Viral Blast Rp 1,2 Triliun, Ini Daftar Investasi Ilegal 2022

Dalam salah satu videonya yang di upload pada 19 Januari 2022, Boy William bertemu dengan salah satu trader fulltime Vito Henjoto dan menjelaskan tips dan trik dalam melakukan trading. Selanjutnya, Boy pun mengajak penontonnya untuk download aplikasi OctaFX. “Langsung aja download OctaFX and let the money grow with OctaFX,” ujar Boy dalam video tersebut, dikutip Selasa (22/2).

Selain itu, dalam video tersebut, terdapat juga logo OctaFX di sisi kiri atas dan logo BW di sisi kanan atas. Di kotak deskripsi, Boy pun mencantumkan tautan untuk download aplikasi OctaFX.

Tak hanya Boy William, ada juga Kuy Entertainment yang juga sempat mempromosikan platform ilegal tersebut. Salah satunya dalam program Semprod yang di-upload pada 28 April 2021.

Dalam program yang digawangi oleh Gading Marten, Andhika Pratama, Uus, dan Boris Bokir tersebut, disebutkan bahwa OctaFX dapat memberikan profit yang positif. Sama dengan promosi yang dilakukan oleh Boy William, mereka juga mencantumkan  tautan untuk download aplikasi OctaFX dan mengajak penontonnya untuk bergabung.

Baca Juga: Bappebti Imbau Artis Hentikan Promosi Broker OctaFX

Melihat beberapa artis maupun influencer ikut mempromosikan OctaFX, Aldison berpesan agar para artis yang ingin mempromosikan sesuatu untuk melakukan riset atau memahami dalam hal ini terkait broker. Sebab, menurut Aldison, ada beberapa aturan yang mengatur terkait perdagangan berjangka.

Secara tegas, Ia pun menyebutkan bahwa ada ancaman pidana bagi para artis yang ikut mempromosikan platform trading ilegal sesuai hasil dari penelusuran satgas maupun Bappebti. “Hati-hati, bisa terkena Pasal 55-56 KUHAP,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental THE FUTURE OF SELLING

[X]
×