kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dampak rating S&P di lelang SBSN, tak sebesar SUN


Kamis, 25 Mei 2017 / 18:44 WIB
Dampak rating S&P di lelang SBSN, tak sebesar SUN


Reporter: Olfi Fitri Hasanah | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Menutup bulan Mei, pemerintah berencana melaksanakan kembali lelang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Lelang sukuk ini akan dilaksanakan pekan depan tepatnya Selasa (30/5).

Lain dengan beberapa lelang sukuk yang telah terlaksana sebelumnya, kali ini pemerintah memasang target indikatif Rp 5 triliun. Angka tersebut lebih rendah dibanding lelang SBSN lainnya selama tahun 2017 yang mematok target indikatif Rp 6 triliun.

Analis Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA) Roby Rushandie memperkirakan lelang Selasa mendatang akan stabil cenderung ramai sebagaimana lelang sukuk biasanya. Bahkan, ia bilang berpotensi terjadi kelebihan penawaran atau oversubscribed mencapai sekitar Rp 10 triliun – Rp 15 triliun.

“Bisa kelebihan penawaran hingga 2-3 kali lipat target indikatif pemerintah,” ujarnya.

Pada lelang sukuk teranyar yang dilaksanakan Selasa (16/5), memang terbilang ramai karena berhasil meraup penawaran sebesar Rp 10,99 triliun. Hampir dua kali lipat dari target indikatifnya yakni Rp 6 triliun.

Ia melanjutkan, kenaikan peringkat utang Indonesia dari Standard and Poor's (S&P) menjadi investment grade akhir pekan lalu menjadi salah satu katalis tetap ramainya lelang pekan depan.

Kendati demikian, imbas kenaikan rating ke pasar SBSN tidak akan sebesar di pasar Surat Utang Negara (SUN). Pasalnya, mayoritas peminat sukuk merupakan investor domestik. “Lain halnya dengan pasar SUN yang diramaikan oleh investor asing,” tambahnya.

Roby meneruskan, pasar sukuk di lelang pekan depan masih akan diselimuti sentimen-sentimen negatif dari eksternal seperti proyeksi kenaikan suku bunga The Fed yang akan direncanakan realisasinya bulan Juni tahun ini. Penurunan rating utang China oleh Moody's menjadi “Aa3”.

“Sentimen negatif juga datang dari volatilitas harga minyak beberapa hari terakhir,” paparnya.

Berdasarkan keterangan resmi Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, ada lima seri sukuk yang ditawarkan pada lelang pekan depan. Salah satu di antaranya adalah seri Surat Perbendaharaan Negara - Syariah (SPN-S) yang baru diterbitkan, sementara empat lainnya reopening dengan seri Project Based Sukuk (PBS).

Pertama, seri SPN-S 01122017 berimbal diskonto akan jatuh tempo 1 Desember mendatang. Kedua, PBS013 bertenor 15 Mei 2019 dengan imbal hasil 6,25%. Ketiga, ada seri PBS014 yang kadaluwarsa 4 tahun lagi berkupon 6,5%.

Keempat, PBS011berimbal 8,75% akan jatuh tempo pada 15 Agustus 2023. Terakhir, seri PBS012 ditawarkan dengan kupon 8,875% bertenor 14 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×