kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.965.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.830   0,00   0,00%
  • IDX 6.438   38,22   0,60%
  • KOMPAS100 926   8,20   0,89%
  • LQ45 723   5,45   0,76%
  • ISSI 205   2,17   1,07%
  • IDX30 376   1,61   0,43%
  • IDXHIDIV20 454   0,42   0,09%
  • IDX80 105   1,01   0,98%
  • IDXV30 111   0,45   0,40%
  • IDXQ30 123   0,28   0,22%

Cuan Meroket, Chitose (CINT) Naikkan Dividen Dua Kali Lipat!


Kamis, 17 April 2025 / 06:00 WIB
Cuan Meroket, Chitose (CINT) Naikkan Dividen Dua Kali Lipat!
ILUSTRASI. Rencana IPO PT. Chitose International Tbk:Suasana saat konferensi pers di Jakarta, KAmis (5/6). Chitose akan menawarkan sebanyak maksimal 300 juta lembar saham baru atau 30% dari modal disetor setelah IPO. KONTAN/BAihaki/5/6/2014


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Chitose Internasional Tbk (CINT) akan membagikan dividen tunai sebesar Rp 10 miliar dari laba tahun buku 2024. Keputusan ini disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Selasa (15/4).

Dividen tersebut setara dengan 55,40% dari laba tahun berjalan sebesar Rp 18,05 miliar. Jika mengacu pada laba bersih setelah pajak sebesar Rp 15,80 miliar, maka rasio pembayaran dividen (dividend payout ratio) mencapai 63,29%.

Baca Juga: Chitose (CINT) Bidik Penjualan Rp 470 Miliar, Begini Strateginya di Tahun Ini

"Ini merupakan pembagian dividen tertinggi sejak CINT tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 27 Juni 2014," ujar Direktur CINT R. Nurwulan Kusumawati dalam keterangan resmi, Selasa (15/4).

Pembayaran dividen dijadwalkan pada 15 Mei 2025.

Sebagai perbandingan, pada tahun lalu CINT hanya membagikan dividen sebesar Rp 5 miliar. Artinya, tahun ini nilai dividen naik dua kali lipat.

Strategi Pertumbuhan 2025

Untuk tahun 2025, CINT membidik penjualan sebesar Rp 470 miliar atau tumbuh 1,78% dibanding realisasi 2024 yang mencapai Rp 461,77 miliar.

Target tersebut tergolong konservatif, setelah tahun lalu penjualan CINT hanya naik tipis 1,06% (YoY) dari Rp 456,90 miliar.

Direktur CINT, Susanto, menjelaskan bahwa kontribusi penjualan terbesar berasal dari segmen peralatan kantor, yakni sekitar 52%.

Baca Juga: Penjualan Naik 9%, Chitose Kantongi Laba Rp 6,68 Miliar hingga Kuartal III-2024

Sementara peningkatan signifikan terjadi di segmen pendidikan, rumah sakit, serta produk Airmate C-Pro.

“Sepanjang 2024, kami meluncurkan berbagai produk baru seperti kursi auditorium, kursi tunggu, dan kursi stadion,” imbuhnya.

Direktur Ade Arifin menambahkan, CINT terus memperluas pasar ekspor untuk produk Airmate C-Pro, khususnya ke Malaysia dan Jepang melalui anak usaha, PT Chitose C-Engineering Indonesia.

Tahun ini, CINT juga fokus memperkuat pemasaran ritel lewat platform marketplace, e-commerce, dan website perusahaan.

Perseroan memiliki jaringan distribusi di Surabaya, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Palembang, dan Samarinda.

 

Investasi dan Proyeksi Laba

CINT menyiapkan belanja modal (capex) sebesar Rp 2,5 miliar tahun ini, yang dialokasikan untuk modernisasi mesin dan penataan ulang fasilitas produksi demi meningkatkan efisiensi serta mendorong pengembangan produk baru.

Baca Juga: Bikin Iri! Lo Kheng Hong Terima Dividen Rp 17,8 M Hanya Dari 2 Saham Ini

Di akhir 2024, CINT telah mengakuisisi mesin laser jet cutting yang akan beroperasi komersial tahun ini.

Selain itu, perseroan akan mendiversifikasi strategi pemasaran dan memperluas segmen pasar, termasuk ke institusi swasta dan alat kesehatan.

Direktur Utama CINT Kazuhiko Aminaka menyatakan, pihaknya tetap waspada terhadap kondisi global.

“Kami mencermati dinamika ekonomi, ketatnya kebijakan moneter global, fluktuasi harga bahan baku, dan ketidakpastian geopolitik. Strategi adaptif dan efisien menjadi kunci menjaga keberlanjutan usaha,” tegasnya.

CINT menargetkan laba sebelum pajak sebesar Rp 25 miliar pada 2025, naik 9,07% dari tahun lalu.

Baca Juga: Cum Dividen Dimulai Hari Ini (16/4), Cek Daftar Saham Pembayar Dividen & Rekomendasi

Pada 2024, laba sebelum pajak CINT tercatat Rp 22,92 miliar, melonjak 47,11% (YoY), sementara laba bersih meningkat 276,19% menjadi Rp 15,80 miliar dari Rp 4,20 miliar pada 2023.

“Capaian laba tahun lalu didorong oleh peningkatan penjualan, inovasi produk, dan program efisiensi yang konsisten,” kata Aminaka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

[X]
×