Reporter: Benedicta Prima | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ciputra Development Tbk (CTRA) membukukan pendapatan pra-penjualan (marketing sales) Rp 2 triliun sepanjang semester I-2020. Jumlah tersebut setara 29,85% dari target tahun ini yang ditetapkan Rp 6,7 triliun.
Direktur Ciputra Development, Tulus Santoso, menjelaskan, penjualan tersebut banyak ditopang oleh proyek-proyek yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi.
Baca Juga: Pusat perbelanjaan beroperasi, simak rekomendasi analis untuk saham pengelola mall
Perolehan CTRA di semester I-2020 ini bila dibandingkan dengan semester satu tahun lalu mengalami penurunan sekitar Rp 400 miliar atau turun 16,67% dari Rp 2,4 triliun.
Tulus mengatakan, di kuartal II-2020 kemarin, kondisi pasar properti memang cenderung lesu akibat adanya penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).
Namun, dia menjelaskan bahwa di kuartal II-2020 sebenarnya yang paling terpukul adalah segmen hotel dan mal yang menghasilkan pendapatan berulang (recurring income) sekitar 25%. Untuk itu, CTRA tetap fokus pada penjualan residensial.
Baca Juga: Ciputra (CTRA) dan Pakuwon Jati (PWON) akan beri relaksasi bagi penyewa tenant
Sedangkan di semester II-2020 ini, bersamaan dengan era kenormalan baru alias new normal Ciputra Development melihat pasar properti masih bisa tumbuh bila dibandingkan semester satu kemarin.