kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cermati Saham Pilihan para Investor Kakap Jelang Pemilu 2024


Sabtu, 25 November 2023 / 05:35 WIB
Cermati Saham Pilihan para Investor Kakap Jelang Pemilu 2024
ILUSTRASI. Investor kawakan, Lo Kheng Hong hadir dalam acara makan malam Sinarmas Sekuritas dengan nasabahnya pada Selasa (21/12). Lo Kheng Hong membagikan sejumlah tips investasi kepada nasabah Sinarmas Sekuritas.


Reporter: Aulia Ivanka Rahmana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Momen pemilihan umum (pemilu) 2024 kian mendekat. Sejumlah investor kakap mengatakan momen pemilu ini tidak memberikan dampak apapun terhadap pilihannya dalam membeli saham.

Salah satu investor, Kartika Sutandi atau yang akrab disapa Tjoe Ai ini mengatakan di situasi pemilu ini bukanlah hal sentimen besar yang bisa mempengaruhi keputusannya untuk memilih saham yang ia beli. Melainkan ada sentimen lain, yaitu keputusan The Fed terkait naik atau tidaknya suku bunga.

"Sentimen The Fed itu lebih penting, sih, dibandingkan pemilu yang akan berlangsung nanti. Karena pemilu sekarang sepertinya tidak sehuru-hara tahun 2019 lalu, karena sepertinya unsur agama tidak begitu kuat," kata Tjoe Ai kepada Kontan.co.id, Jumat (24/11).

Baca Juga: Patok Harga Penawaran Rp 100 per Saham, Seberapa Menarik Saham IPO AYAM?

Menurutnya, siapapun capres dan cawapres yang menang nanti, tidak akan membuat keputusannya dalam memilih saham itu berubah. Hanya saja, hingga kuartal IV-2023 ini menurutnya sektor konsumer yang paling dijagokan meskipun pada kuartal sebelumnya ia juga memilih sektor tersebut untuk dibeli.

"Namun, saat ini saya memilih sektor konsumer karena memang ada sedikit imbas dari pemilu," tuturnya.

Selain itu, saat ini Tjoe Ai sedang menunggu sinyal perkawinan antara PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) yang mulai samar-samar terbuka.

Kartika menambahkan, kalau strategi investasinya saat ini dengan cara memegang level cash di portofolio secara tinggi, karena adanya momen pemilu tersebut. Dengan begitu, Kartika saat ini sedang gemar membeli saham dari sektor konsumer, teknologi, dan perbankan.

Baca Juga: Sepak Terjang Romo Nitiyudo Wachjo, Partner Baru Lo Kheng Hong di Petrosea (PTRO)

"Karena setiap bisnis memiliki siklus, ada masa-masa demand-nya overweight, dan untuk target harga sih saya tidak ada. Kalau saham sedang naik, saya pasti beli," ujarnya.

Adapun Investor kawakan pasar modal yang juga dikenal dengan julukan Warren Buffett Indonesia, Lo Kheng Hong mengatakan pembelian sahamnya tidak akan dikaitkan dengan momen pemilu.

"Ketika saya membeli saham perusahaan publik, yang saya perhatikan adalah tata kelola, bidang usaha, laba, pertumbuhan dan valuasi, mahal atau murah," kata Lo Kheng Hong kepada Kontan, Jumat (24/11).




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×