kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Tips Lo Kheng Hong Sukses Berinvestasi di Pasar Modal


Jumat, 27 Oktober 2023 / 04:50 WIB
Ini Tips Lo Kheng Hong Sukses Berinvestasi di Pasar Modal
ILUSTRASI. Lo Kheng Hong menyampaikan paparan saat menjadi pembicara pada Mega Talkshow Investasi 2020, di Aula Barat ITB, Jalan Ganesha, Kota Bandung, Sabtu (7/3/2020). Mega talkshow yang digelar MBA ITB ini, untuk meningkatkan literasi mahasiswa dan masyarakat tentang pasar modal dengan menggambarkan beberapa pilihan investasi yang cocok untuk mahasiswa dan kalangan milenial lainnya. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)


Reporter: Recha Dermawan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Investor kawakan pasar modal yang juga dikenal dengan julukan Warren Buffett Indonesia, Lo Kheng Hong hadir dan berbagi cerita mengenai dunia investasi di acara Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2023 Kamis (26/10). 

Lo Kheng Hong membagi berbagai pengalaman serta tips berinvestasi di pasar modal. Ia mengatakan, kunci sukses di pasar modal adalah dengan cara perbanyak reading (membaca) dan thinking (berpikir). Lo Kheng Hong mengatakan bahwa lulusan SD saja bisa menjadi investor saham yang berhasil di pasar modal.

Sebab, para pelaku pasar hanya perlu memiliki kemampuan kalkulasi dasar seperti perkalian, pembagian, dan penjumlahan untuk menjadi investor yang hebat

Selain itu, Lo Kheng Hong menyarankan masyarakat untuk perbanyak waktu untuk membaca dan berpikir.

Baca Juga: Lo Kheng Hong dan Artis Chelsea Island akan Ramaikan CMSE BEI Hari Ini

“Saya dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 09.00 pagi menghabiskan waktu untuk reading dan thinking, kemudian dari pukul 09.00 hingga 16.15 saya berburu mercy harga bajaj (saham murah dengan fundamental bagus), lalu setelah itu biasanya saya tidur kurang lebih 1 hingga 2 jam, setelah itu saya makan, mandi, dan lanjut reading and thinking” kata Lo Kheng Hong di Acara Capital Market Summit & Expo 2023, Kamis (26/10)

Menariknya, di balik kesuksesan investasinya, Lo Kheng Hong hanya mempelajari dunia saham secara otodidak dan membaca buku yang berkaitan dengan prinsip serta strategi investasi saham.

Hingga saat ini, pada usia Lo Kheng Hong yang sudah menginjak 64 tahun, ia dikenal sebagai salah satu investor yang memiliki aset triliunan rupiah berkat investasi yang sudah ia lakukan sejak usia 30-an.

Baca Juga: Lo Kheng Hong Berbagi Tips Sukses Berinvestasi di Pasar Modal: Reading dan Thinking

Selama 30 tahun lebih berkecimpung di dunia pasar modal, Lo Kheng Hong mengatakan ada beberapa sektor yang menjadi favoritnya yaitu antara lain sektor tambang dan perbankan.

Bahkan, ia menyebutkan bahwa saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) adalah salah satu saham yang layak dipertahankan seumur hidup karena memiliki kinerja yang baik atau ia menyebutnya sebagai wonderful company. 

“Saham BBCA saya bisa pegang seumur hidup, karena kalau kita lihat bank BCA ini selama kurang lebih 23 tahun ini selalu bertumbuh dan meningkat, saham ini saya sebut wonderful company, karena selama 23 tahun sudah memberikan capital gain sebanyak 2.600%” kata Lo Kheng Hong.

Ia juga menambahkan, sebetulnya ada banyak saham di Indonesia yang layak diberikan julukan wonderful company yang memiki saham yang layak dipertahankan seumur hidup asalkan investor pintar-pintar milihnya.

Baca Juga: Inilah Top 10 Manajer Investasi per September 2023

Sebagai informasi, meskipun sudah terjun lama ke dunia investasi, Lo Kheng Hong mengungkapkan bahwa dirinya tidak pernah minat dan membeli saham luar negeri. 

“Saya hanya membeli saham-saham di Bursa Efek Indonesia, karena saya cinta Bursa Efek Indonesia” tutup Lo Kheng Hong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×