kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45714,31   4,95   0.70%
  • EMAS913.000 0,55%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN -0.19%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.21%

Bunga rendah, emiten berbondong-bondong terbitkan obligasi global


Senin, 17 Februari 2020 / 21:27 WIB
Bunga rendah, emiten berbondong-bondong terbitkan obligasi global
ILUSTRASI. Korporasi mulai berbondong-bondong menerbitkan obligasi global sejak awal tahun.

Reporter: Muhammad Kusuma | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Korporasi mulai berbondong-bondong menerbitkan obligasi global (global bond) pada tahun ini. PT Pertamina pada Januari lalu telah menerbitkan dua seri obligasi global dengan total nilai mencapai US$ 1,5 miliar.

Dua seri tersebut memiliki waktu jatuh tempo masing-masing 2030 dan 2050. Obligasi yang jatuh tempo pada 2030 memiliki kupon sebesar 3,10% dengan volume sebanyak US$ 500 juta. Sementara seri yang jatuh tempo pada 2050 memiliki kupon sebesar 4,175% dengan volume sebanyak US$ 1 miliar.

Pertamina menyebut akan menggunakan dana hasil penerbitan obligasi untuk peningkatan capital expenditures. Pertamina berencana untuk meningkatkan kapasitas penyulingan dan efisiensi serta ekspansi migas baru.

Baca Juga: Tren positif indeks obligasi diperkirakan bisa berhenti pada akhir Februari

Selain itu, PT Surya Eka Perkasa Tbk (ESSA) melalui enak usahanya PT Panca Amara Utama juga berencana menerbitkan obligasi global senilai US$ 450 juta dengan maksimum jatuh tempo 2027.

“Rencana transaksi ini dilaksanakan dalam rangka pembiayaan kembali atau refinancing seluruh utang PAU kepada International Finance Corporation dan sisanya untuk modal kerja secara umum,” tulis manajemen ESSA dalam keterbukaan informasi.

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengungkapkan, tren peluncuran global bond ini tidak terlepas dari yield global bond yang dalam tren menurun.

Baca Juga: Indeks obligasi cetak rekor tertinggi sepanjang masa, begini kata analis

“Global bond ini kan acuannya US Treasury, yang saat ini terus turun. Nah ketika penurunan inilah jadi momen terbaik untuk menerbitkan global bond karena akan mengurangi tingkat cost of fund emiten,” jelas Nico kepada Kontan.co.id, Senin (17/2).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×