kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bukit Asam (PTBA) Mulai Operasikan 10 Unit Bus Listrik untuk Kendaraan Tambang


Rabu, 07 Desember 2022 / 11:20 WIB
Bukit Asam (PTBA) Mulai Operasikan 10 Unit Bus Listrik untuk Kendaraan Tambang
Unit bus listrik untuk kendaraan operasional karyawan Bukit Asam (PTBA).


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mulai mengoperasikan 10 unit bus listrik untuk antar jemput karyawan dari perumahan di sekitar Tanjung Enim ke lokasi tambang. Bus listrik buatan PT Industri Kereta Api (INKA) ini datang secara bertahap pada Oktober-Desember 2022.

Penggunaan bus listrik merupakan salah satu langkah PTBA dalam mendukung target net zero emission pada 2060, sesuai arahan pemerintah. Sejalan itu, pengoperasian bus listrik ini sejalan dengan visi PTBA untuk menjadi perusahaan energi dan kimia kelas dunia yang peduli lingkungan.

Pengurangan emisi karbon diestimasikan mencapai 16 ton CO2 per tahun per bus. Selain itu, penggunaan bus listrik mengurangi pemakaian bahan bakar minyak (BBM) hingga 9.672 liter per tahun per bus.

"Langkah PTBA beralih secara bertahap ke kendaraan berbasis listrik untuk operasional pertambangan merupakan wujud komitmen perusahaan dalam hal dekarbonisasi. Penggunaan kendaraan listrik akan terus ditingkatkan," kata Direktur Utama PTBA Arsal Ismail dalam siaran pers, Rabu (7/12).

Baca Juga: Bukit Asam (PTBA) Siap Genggam 51% Saham Blok Kohong Telakon

Tak hanya bus listrik, PTBA telah mengganti sejumlah peralatan pertambangan yang menggunakan bahan bakar fosil menjadi elektrik. Beberapa alat berbasis listrik yang telah digunakan PTBA di antaranya tujuh ekskavator listrik berjenis Shovel PC-3000, 40 dump truck sekelas 100 ton hybrid (diesel dan listrik), dan 6 pompa tambang berbasis listrik. 

Arsal menambahkan, perusahaan juga menerapkan E-Mining Reporting System, yaitu sistem pelaporan produksi secara real time dan daring sehingga mampu meminimalkan pemantauan konvensional yang menggunakan bahan bakar.

Langkah lainnya yakni penggantian bahan perusak ozon (BPO) seperti penggunaan refrigerant AC yang ramah lingkungan dan penggantian Halon 1211 pada alat pemadam api ringan (APAR).

"Program-program dekarbonisasi ini dilaksanakan dan dikembangkan secara berkelanjutan di setiap lini perusahaan untuk memberikan hasil yang optimal. Perusahaan telah memiliki roadmap manajemen karbon hingga tahun 2050," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×