kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis Motor Listrik Dinilai Masih Prospektif, Ini Rekomendasi Saham Jagoan Analis


Selasa, 23 April 2024 / 15:03 WIB
Bisnis Motor Listrik Dinilai Masih Prospektif, Ini Rekomendasi Saham Jagoan Analis
ILUSTRASI. Pengunjung mengamati sepeda motor listrik ALVA saat pameran IMOS 2023 di Tangerang, Banten, Minggu (29/10). KONTAN/Baihaki


Reporter: Shifa Nur Fadila | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Merujuk situs Sisapira, terdapat 11.563 unit motor listrik bersubsidi yang tersalurkan kepada konsumen hingga Minggu (21/4). Angka ini sedikit melampaui capaian penyaluran motor listrik bersubsidi sepanjang 2023 lalu yakni 11.532 unit. Pemerintah juga memberikan program subsidi sebanyak 50.000 unit dengan anggaran Rp 350 miliar.

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus mengatakan terkait kenaikan penjualan motor listrik artinya apa yang ditawarkan oleh pemerintah dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Sehingga menurutnya hal tersebut mulai mendorong adanya peralihan dari motor konvensional menjadi motor listrik, meskipun masih secara perlahan.

"Paradigma motor listrik dan konvensional juga masih menjadi salah satu hal yang dilema, khususnya terkait dengan harga jualnya nanti," jelasnya.

Menurutnya jika berbicara dampak mana yang lebih besar, tentu harus kembali memperhatikan, sepeda motor listrik mana yang paling banyak digunakan dan dijual oleh dari masing masing emiten. 

Baca Juga: Analis Ramal Kinerja ACES Akan Merekah Tahun Ini, Intip Rekomendasi Sahamnya

"Karena saat ini, sudah cukup banyak varian yang dijual dengan berbagai merek yang ada," ucapnya. 

Maximilianus menilai sejauh ini secara prospek jangka menengah dan panjang untuk emiten kendaraan listrik memang masih sangat baik. Meski begitu menurutnya masih dibutuhkan kesabaran dalam membangun paradigma baru, infrastruktur yang menunjukkan keseriusan dari pemerintah, serta insentif yang diberikan agar dapat memberikan ruang yang lebih besar bagi masyarakat untuk mulai mencoba kendaraan motor listrik. 

"Oleh sebab itu, semakin banyak masyarakat yang mengadopsi motor listrik, secara perlahan tapi pasti hal tersebut akan merubah paradigma masyarakat untuk mulai mencoba menggunakan motor listrik," kata Maximilianus.

Maximilianus menambahkan hal ini memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, namun secara prospek sejauh ini masih positif karena saat ini juga mulai hadir beragam kendaraan mobil listrik yang mulai menjadi pilihan bagi masyarakat. 

Analis Kiwoom Sekuritas Vicky Rosalinda menyebutkan dampak kinerja untuk emiten motor listrik cukup bagus karena hal tersebut dapat meningkatkan volume penjualan pada emiten motor listrik. Mengingat adanya pelonggaran syarat pembelian produk tersebut dari pemerintah serta cairnya dana subsidi pada bulan Maret lalu. 

"Hal ini menjadi katalis positif untuk mencetak laba di tahun 2024 ini," ucapnya.

Vicky melihat prospek emiten motor listrik di tahun ini cukup cerah. Hal itu dilihat dari adanya sentimen positif serta bantuan dari pemerintah yang dapat mendorong penjualan motor listrik di Indonesia.

Baca Juga: Kinerja Tahun Ini Diramal Tumbuh Positif, Begini Rekomendasi Saham EXCL

"Sehingga berpotensi pendapatan bertumbuh serta laba yang positif bertumbuh," jelasnya.

Terkait saham, Vicky merekomendasikan untuk trading buy pada merekomendasikan PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA)  dengan target harga Rp 262,  buy on weakness pada  PT. Indika Energy Tbk. (INDY) dengan target harga Rp 1.515 per saham.

Sedangkan Maximilianus merekomendasikan untuk buy pada saham PT. Indika Energy Tbk. (INDY) dengan target harga Rp 2.150 per saham. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×