kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   -13.000   -0,85%
  • USD/IDR 16.200   -20,00   -0,12%
  • IDX 7.066   -30,70   -0,43%
  • KOMPAS100 1.055   -6,75   -0,64%
  • LQ45 830   -5,26   -0,63%
  • ISSI 215   0,27   0,12%
  • IDX30 424   -2,36   -0,55%
  • IDXHIDIV20 513   -0,30   -0,06%
  • IDX80 120   -0,79   -0,65%
  • IDXV30 124   -1,30   -1,04%
  • IDXQ30 142   -0,32   -0,23%

Bisnis masih menantang, berikut rekomendasi analis untuk saham Unilever (UNVR)


Jumat, 12 Maret 2021 / 07:15 WIB
Bisnis masih menantang, berikut rekomendasi analis untuk saham Unilever (UNVR)


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ekonomi yang belum kembali normal, memberatkan usaha  PT Unilever Indonesia (UNVR) dalam meningkatkan kinerja keuangan. Bahkan, tantangan di tahun ini berpotensi lebih berat dari tahun lalu. 

Selama pandemi menekan ekonomi di sepanjang 2020, pendapatan UNVR  tumbuh tipis 0,11% year on year (yoy) ke Rp 42,97 triliun dari Rp 42,92 triliun di tahun sebelumnya. Sementara, laba bersih turun 3,1% yoy menjadi Rp 7,16 triliun, dibandingkan laba tahun 2019 yang sebesar Rp 7,39 triliun. 

Sedangkan, belanja operasional tercatat naik 9,2% menjadi Rp 13 triliun dari periode yang sama tahun lalu menjadi Rp 11,9 triliun. 

Baca Juga: Emiten penyewaan kendaraan kompak tambah armada baru pada tahun ini

Kevie Aditya Analis Indo Premier Sekuritas mengatakan pandemi yang membatasi aktivitas industri horeka membuat penjualan Unilever Food Solutions (UFS) menurun sekitar 40% yoy di sepanjang tahun lalu. 

Penjualan ekspor juga mengalami penurunan sebesar 11,41% menjadi Rp 1,81 triliun. Sedangkan, penjualan dalam negeri tumbuh 0,69% menjadi Rp 41,15 triliun. 

Tercatat penjualan produk kebutuhan rumah tangga dan perawatan tubuh di pasar domestik naik 0,90% menjadi Rp 28,8 triliun. Sedangkan, penjualan makanan dan minuman tumbuh 0,21% menjadi Rp 12,35 triliun. 

Namun, di kuartal IV-2020, Kevie mencatat penjualan food and refrehment (F&R) tumbuh 9,1% secara tahunan. Artinya, konsumsi rumah tangga dan minuman sehat meningkat permintaannya. Penjualan es krim juga meningkat meski belum mencapai level sebelum pandemi. 

 
TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×