kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Besok, rupiah berpeluang kembali melemah karena sentimen AS


Rabu, 13 November 2019 / 20:17 WIB
Besok, rupiah berpeluang kembali melemah karena sentimen AS
ILUSTRASI. Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dollar Amerika Serikat


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergerakan rupiah terhadap dolar AS tercatat masih mengalami pelemahan hari ini Rabu (13/11). Hal ini terjadi lantaran pernyataan Presiden AS Donald Trump yang mengecewakan pelaku pasar, terkait progres kesepakatan perang dagang dengan China.

Mengutip Bloomberg di pasar spot, rupiah melemah 0,17% ke Rp 14.079 per dolar AS. Kompak, pada kurs tengah Bank Indonesia (BI), rupiah melemah 0,16% ke Rp 14.082 per dolar AS.

Baca Juga: Rupiah ditutup melemah 0,18% di level Rp 14.079 per dolar AS

Analis Monex Investindo Faisyal mengatakan, koreksi yang terjadi karena pasar kecewa dengan pernyataan Trump yang tidak memberikan informasi detail dimana dan kapan kesepakatan dagang dengan China akan ditandatangani. 

"Apalagi, Trump juga menekankan apabila kesepakatan yang dilakukan tidak menguntungkan Negeri Paman Sam, Trump tidak akan menyetujui kesepakatan dan akan menaikkan tarif kembali," jelas Faisyal, Rabu (13/11).

Alhasil, pernyataan tersebut berhasil menekan pergerakan rupiah. Sedangkan untuk perdagangan Kamis (14/11), rupiah diperkirakan masih akan mengalami tekanan, terlebih jika rilis data inflasi AS malam ini mengumumkan catatan positif atau sesuai harapan. 

Belum lagi, akan ada pernyataan dari Gubernur Bank Sentral AS (The Fed) terkait kondisi ekonomi AS terkini dan arah suku bunga AS ke depan. 

Baca Juga: Rupiah melemah ke posisi terendah dalam empat pekan terakhir

Faisyal memperkirakan, jika banyak kabar positif yang dirilis AS malam ini, maka rupiah berpeluang melanjutkan pelemahannya. Adapun kisaran pergerakan rupiah besok, diprediksi berada pada rentang Rp 14.000 per dolar AS hingga Rp 14.140 per dolar AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×