kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,74   -2,58   -0.26%
  • EMAS981.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Berstatus Canceled, Mandiri Mineral Perkasa Batal Melantai di Bursa?


Selasa, 21 Juni 2022 / 07:59 WIB
Berstatus Canceled, Mandiri Mineral Perkasa Batal Melantai di Bursa?
ILUSTRASI. PT Mandiri Mineral Perkasa Tbk (NPII), perusahaan kontraktor jasa  konstruksi pertambangan mineral.

Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mandiri Mineral Perkasa dikabarkan batal menggelar penawaran umum perdana saham alias initial public offering (IPO). Dalam www.e-ipo.co.id, status calon emiten yang berencana menggunakan kode saham NPII itu tertulis canceled. 

Dalam laman resmi itu juga tertulis, periode book building Mandiri Mineral Perkasa sebenarnya sudah dijadwalkan pada 20-30 Mei 2022. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa penunjang pertambangan dan penggalian lainnya ini berencana melepas sebanyak-banyaknya 950 juta saham atau sekitar 0,73% dari modal ditempatkan dan disetor setelah IPO.

Adapun setiap sahamnya ditawarkan di kisaran Rp 132-Rp 142 per saham. Oleh karena itu, Mandiri Mineral Perkasa sebenarnya berpotensi meraup dana setinggi-tingginya Rp 134,9 miliar apabila IPO berjalan sesuai dengan rencana. 

Baca Juga: Inilah Prospek Calon Penghuni Baru Bursa

Menurut catatan Kontan sebelumnya, seluruh dana yang diperoleh dari aksi korporasi itu akan dipergunakan untuk modal kerja Mandiri Mineral. Asal tahu saja, ke depannya Mandiri Mineral akan menambah kerja sama dengan beberapa pemilik Ijin Usaha Penambangan (IUP) baru dan akan segera dilakukan penambangan nikel dalam waktu dekat.

Oleh karenanya, seluruh perolehan dana akan digunakan guna mendukung kegiatan usaha seperti pembelian sparepart alat-alat berat, pembelian bahan bakar (fuel) untuk alat-alat berat, pembayaran tenaga kerja karyawan baik site maupun operasional kantor, untuk melakukan sewa alat berat dalam jangka pendek.

Mengutip prospektusnya, perusahaan yang berbasis di Jakarta Pusat itu juga akan menerbitkan Waran Seri I sebanyak-banyaknya 4,75 miliar atau setara dengan sebanyak-banyaknya 3,65% dari modal disetor pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka penawaran umum perdana saham ini disampaikan.

Baca Juga: Incar Rp134,9 M dari IPO & Rp2,37 T dari Waran, Ini Rencana Mandiri Mineral Perkasa

Pada setiap 1 saham baru hasil penawaran umum melekat 5 Waran Seri I. Setiap 1 Waran Seri I dapat ditukar dengan 1 saham biasa atas nama. Waran Seri I adalah efek yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk melaksanakan pembelian saham biasa atas nama dengan nilai nominal sebesar Rp 2 setiap saham dengan harga pelaksanaan sebesar Rp 500 setiap saham.

Mandiri Mineral akan menggunakan dana yang dihimpun dari waran untuk mendukung kegiatan usaha seperti pembelian sparepart alat-alat berat, pembelian bahan bakar (fuel) untuk alat-alat berat, pembayaran tenaga kerja karyawan baik site maupun operasional kantor, untuk melakukan sewa alat berat dalam jangka pendek.

Sekadar informasi, PT Surya Fajar Sekuritas dan PT Victoria Sekuritas Indonesia bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi dalam IPO Mandiri Mineral. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×