kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45877,52   -7,59   -0.86%
  • EMAS928.000 -1,28%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berkilau, harga emas sentuh level tertinggi 3 bulan dipicu penurunan US Treasury


Senin, 17 Mei 2021 / 20:29 WIB
Berkilau, harga emas sentuh level tertinggi 3 bulan dipicu penurunan US Treasury
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas mencapai tertinggi 3,5 bulan pada hari Senin (17/5). Penurunan imbal hasil US Treasury dan kekhawatiran inflasi yang terus-menerus meningkatkan daya tariknya bullion.

Melansir Reuters pukul 19.37 WIB, harga emas spot naik 0,4% menjadi US$ 1.848,66 per ons troi pada 1220 GMT, setelah mencapai level tertinggi sejak 2 Februari. Sedangkan harga emas berjangka AS naik 0,5% menjadi US$ 1.848,00.

"Inflasi harga konsumen (AS) yang lebih tinggi dari yang diharapkan dan penjualan ritel yang lebih lemah benar-benar kombinasi yang kuat untuk emas," kata Ole Hansen, head of commodity strategy di Saxo Bank.

"Inflasi yang lebih tinggi telah menjadi sumber inspirasi utama untuk permintaan baru yang telah kita lihat pada emas, terutama selama beberapa minggu terakhir."

Baca Juga: Harga tembaga naik lagi ke rekor tertinggi pekan lalu, Senin (17/5)

Data ekonomi AS minggu lalu menunjukkan penjualan ritel April secara tak terduga terhenti dan kenaikan harga konsumen yang lebih besar dari perkiraan.

The Fed berusaha meredakan kekhawatiran pasar tentang kenaikan inflasi setelah data tersebut, dengan membatasi imbal hasil US Treasury.

Tolok ukur imbal hasil US Treasury tenor 10-tahun merosot ke level terendah hampir seminggu, mengurangi biaya peluang untuk memegang emas tanpa bunga.

Investor sekarang menunggu notulensi pertemuan terakhir Federal Reserve AS yang dijadwalkan pada hari Rabu, petunjuk lebih lanjut tentang kebijakan moneter bank sentral dan komentar tentang inflasi.

Emas dipandang sebagai lindung nilai terhadap kenaikan inflasi.

SPDR Gold Trust, dana yang diperdagangkan di bursa yang didukung emas terbesar di dunia, mengatakan kepemilikannya naik 0,4% menjadi 1.028,36 ton pada hari Jumat.

Harga emas spot mungkin naik menjadi US$ 1.876 per ons troi, karena telah menembus resistance di US$ 1.847, menurut analis teknis Reuters Wang Tao.

Baca Juga: Naik Rp 4.000, harga emas Antam hari ini ada di Rp 937.000 per gram pada Senin (17/5)

Di tempat lain, platinum naik 0,2% menjadi US$ 1.227,32 per ons troi.

Dewan Investasi Platinum Dunia (WPIC) mengatakan pasar platinum global akan lebih kekurangan pasokan tahun ini daripada yang diperkirakan sebelumnya karena pemulihan ekonomi memicu lonjakan permintaan dari industri.

Harga paladium naik 0,1% lebih tinggi menjadi US$ 2.895,87 per ons troi dan perak naik 0,6% menjadi US$ 27,58.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Sukses Presentasi: Presentasi Online Yang Tidak Membosankan Batch 2

[X]
×