kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,22   7,62   0.77%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berikut rekomendasi saham komoditas dari Reliance


Jumat, 21 September 2018 / 08:20 WIB
Berikut rekomendasi saham komoditas dari Reliance


Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah saham berbasis komoditas, seperti perkebunan dan produsen sawit, dalam kurun waktu satu bulan terakhir melejit. Tak heran, pundi-pundi kantong pengoleksi saham komoditas kian gemuk.

Head of Research Reliance Sekuritas Lanjar Nafi menjelaskan, saham-saham produsen minyak kelapa sawit pada bulan lalu bergerak melejit di mana pergerakan satu bulan pada bulan Agustus mayoritas naik signifikan di antarnya AALI (+24.1 %), LSIP (+38.8 %), TBLA (+30.90 %), SIMP (+5.6 %)dan SSMS (+5.3 %) .

Ini terjadi karena imbas optimisme awal rencana dari kebijakan pemerintah mengenai kebijakan pencampuran 20 % minyak sawit ke BBM jenis solar yang akan berlaku pada solar subsidi dan solar non-subsidi pada 1 September 2018.

Di mana pemerintah melakukan penghematan devisa dalam impor minyak dengan target U$2.3 Miliar hingga akhir tahun.

“Sehingga investor berspekulasi kebijakan ini akan menambah permintaan dan konsumsi kelapa sawit dalam negeri sehingga berpengaruh pada kenaikan harga CPO di dalam negeri yang menguntungkan para produsen CPO,” ujar Lanjarnya, Kamis (20/9).

Apakah di tengah tren kenaikan itu, saham komoditas layak dikoleksi?

Lanjar tetap mewanti-wanti, karena setelah diberlakukannya kebijakan B20, ternyata terdapat berbagai kendala dalam sistem pengangkutan kapal dan distribusi hingga pro dan kontra terhadap mesin mobil solar yang diklaim dengan adanya 20 % campuran CPO akan memperpendek umur filter bahan bakar.

“Hal tersebut yang mendasari alasan investor untuk melakukan aksi profit taking pada bulan ini setelah pada bulan Agustus menguat signifikan,” ucapnya.

Secara historis, dijelaskan Lanjar, trend bearish dengan kondisi terkoreksi masih cukup membayangi saham-saham produsen CPO dalam negeri.

Karena terlepas dari sentimen dalam negeri mengenai kebijakan pemerintah harga CPO dunia sendiri, saat ini bergerak bearish hingga level terendah di tahun 2018 dimana pada bursa berjangka kuala lumpur tercatat 2176 ringgit/ton pada 19 September 2018 dengan return year to date -13 %.

Ia memprediksi, akibat sentimen dari ketegangan perdagangan China dan Produksi minyak kelapa sawit yang lebih banyak dari perkiraan, berpotensi oversupply sehingga akan mengalami permintaan ekspor minyak kelapa sawit yang berlebihan.

Ke depan, pergerakan harga saham komoditas, akan sangat dipengaruhi oleh implementasi kebijakan B20 pemerintah dalam fase distribusi jika terdapat perbaikan.

Selagi menunggu implementasi kebijakan B20 yang sempurna, pergerakan kinerja saham komoditas CPO ini akan kembali berkiblat pada polemik produksi CPO, aktivitas permintaan impor dan ekspor, hingga pengaruh terhadap harganya sendiri.

Untuk itu, ia pun mewanti-wanti, agar investor lebih berhati-hati dalam menentukan keputusan investasi jangka menengah dan panjang karena kondisi pasar masih berpeluang bearish menanti tahun pemilu 2019 terlepas dari sentimen global yang terus mengkhawatirkan.

Kata Lanjar, sangat disarankan untuk melakukan trading jangka pendek dengan terus meng-update informasi, disiplin membatasi risiko dan terus memperhatikan pergerakan harga saham.

“Untuk investor jangka pendek akan selalu ada peluang di saat market mengalami sell off besar-besaran dengan teknikal rebound. untuk investor jangka menengah hingga panjang cukup riskan untuk buy on hold jangka panjang di saat kondisi pasar sedangkan mengalami trend bearish,” jelasnya.

Dari analisa riset Reliance Sekuritas, situasi politik jelang Pemilu 2019, tidak begitu terpengaruh signifikan terhadap saham berbasis komoditas. Hanya saja pengaruh dari tingkat kepercayaan investor pada instrumen saham yang akan bergejolak menghadapi tahun pemilu 2019. (sanusi)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Analisis RELI soal Penyebab Harga Saham Komoditas Melejit,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×