kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BEI: Ada 17 perusahaan dalam pipeline yang siap IPO


Kamis, 24 Desember 2020 / 11:25 WIB
BEI: Ada 17 perusahaan dalam pipeline yang siap IPO
ILUSTRASI. 17 perusahaan siap gelar penawaran umum saham perdana (IPO)


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) masih mengantongi 17 calon emiten dalam pipeline penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO). Calon emiten ini berasal dari beragam sektor, mulai dari sektor perdagangan, jasa, dan investasi hingga pertambangan.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna merinci, terdapat enam calon emiten dari sektor perdagangan, jasa, dan investasi. Sektor ini merupakan sektor yang mendominasi pipeline calon emiten anyar saat ini.

Disusul, masing-masing dua perusahaan yang berasal dari sektor keuangan, aneka industri, dan agrikultur. Juga terdapat masing-masing dua calon emiten dari sektor properti, real estate, dan konstruksi bangunan, serta sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi. Sisanya ada satu perusahaan dari sektor pertambangan.

Baca Juga: Solusi Sinergi Digital IPO dengan harga penawaran Rp 530 per saham

Nyoman memprediksi, satu perusahaan akan tetap menggelar IPO di sisa tahun ini. Asal tahu saja, per 22 Desember 2020, pasca pencatatan saham PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP), jumlah emiten baru yang tercatat tahun ini ada 50 perusahaan dengan total dana dihimpun mencapai Rp 5,49 triliun.  

Dengan kondisi pandemi yang terjadi, Nyoman pun melihat terdapat penurunan nilai dana yang dihimpun pada tahun ini jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Namun, beberapa kebijakan dari pemerintah, seperti Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan penyediaan vaksin Covid-19 menumbuhkan optimisme bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat mencapai 5% pada tahun 2021, sebagaimana proyeksi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Oleh karena itu, dia berharap, jumlah pencatatan efek, baik saham, surat utang, dan efek-efek lainnya membaik tahun depan. "Kami berharap jumlah dana yang dihimpun akan meningkat seiring dengan potensi rebound sektor-sektor industri di tahun 2021," kata dia, Rabu (23/12).




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×