kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bareksa-KONTAN-OVO Sematkan Penghargaan bagi Reksadana Ritel Terbaik


Rabu, 21 Oktober 2020 / 18:24 WIB
Bareksa-KONTAN-OVO Sematkan Penghargaan bagi Reksadana Ritel Terbaik


Reporter: Dupla Kartini | Editor: Hendrika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Untuk keempat kalinya, KONTAN bersama dengan platform investasi Bareksa, menggelar penghargaan tahunan bagi pelaku industri reksadana. Melalui hajatan bertajuk Bareksa-Kontan-OVO 4th Fund Awards 2020 ini, kami memberikan apresiasi kepada produk reksadana, manajer investasi serta tokoh, yang telah berkontribusi bagi pengembangan industri reksadana di Indonesia.

Penilaian dalam award ini dilakukan secara independen, obyektif, transparan, dan samasekali tidak dikaitkan dengan kepentingan komersial apapun. Proses pemeringkatan dikawal Dewan Juri, yang terdiri dari: Mas Achmad Daniri (Ketua Komite Nasional Kebijakan Governance/KNKG), Lukas Setia Atmadja, (Akademisi Universitas Prasetya Mulya), dan Ardian Taufik Gesuri (Pemimpin Redaksi KONTAN).  

Pemeringkatan reksadana dan manajer investasi terbaik dibuat berdasarkan data kinerja per Juni 2020.

Ni Putu Kurniasari, Chief of Research & BD Bareksa menguraikan, kriteria produk dan MI yang dinilai pada award kali ini, yaitu fokus terhadap 20 perusahaan MI terbesar berdasarkan dana kelolaan yang dilaporkan di OJK per Juni 2020. "Sehingga terdapat 345 produk dari MI tersebut yang dinilai," tutur dia.

Selain itu, kriteria untuk produk  harus dikelola oleh MI yang menerapkan tata kelola perusahaan yang baik alias good corporate governance (GCG). Hal ini diukur dari tiga aspek. Pertama, memiliki reputasi atau jejak rekam yang baik di industri. Kedua, kepatuhan menyampaikan prospektus dan fund fact sheet di website perusahaan maupun agen penjual secara reguler. Ketiga, menyampaikan data 10 aset terbesar. Produk reksadana tanpa  fund fact sheet, otomatis gugur. Fund fact sheet jadi pertimbangan penting, karena wujud keterbukaan strategi portofolio.  

Kriteria lain untuk produk yang akan dinilai yaitu  wajib memiliki dana kelolaan alias asset under management (AUM) minimal Rp 25 miliar per Juni 2020. Selanjutnya, produk reksadana juga  memiliki kinerja statistik (sharpe ratio) di atas kinerja benchmark (IHSG). Total ada 55 penghargaan yang disematkan Bareksa-Kontan-OVO 4th Fund Awards 2020 untuk semua kategori. Rinciannya, 29 pemenang Gold dan Silver untuk reksadana terbaik; empat pemenang MI jawara; serta satu tokoh reksadana.     

Pengumuman dan penganugerahan pemenang disampaikan pada acara Bareksa-Kontan-Ovo 4rd Fund Awards 2020, Rabu (21/10) mulai pukul 19.00 WIB secara online. 

​Ikuti acaranya di https://youtu.be/0D5tPWxIZhU

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×