kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank sentral China mengekang lagi, begini teknikal harga Bitcoin


Rabu, 07 Juli 2021 / 07:00 WIB
Bank sentral China mengekang lagi, begini teknikal harga Bitcoin


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID -  BEIJING. Harga bitcoin naik 1,1% di US$ 33.811,14 per BTC hingga pukul 00.00 WIB. Penurunan tersebut setelah bank sentral China dan regulator China mengambil tindakan tegas terhadap perusahaan yang diduga menyediakan layanan terkait cryptocurrency.

Sebelumnya cryptocurrency dengan kapitalisasi pasar terbesar tersebut naik 3,7% menjadi US$ 35.094 per BTC. People's Bank of China (PBOC) dan regulator keuangan lokal China memerintahkan sebuah perusahaan China untuk membatalkan pendaftaran bisnisnya. 

Baca Juga: Dampak bank sentral China, harga Bitcoin gagal pertahankan kenaikan

PBOC dan regulator Beijing dalam sebuah pernyataan mengatakan, lembaga keuangan dan pembayaran tidak boleh secara langsung atau tidak langsung menyediakan layanan terkait mata uang virtual. Apapun yang berkaitan dengan pemasaran, promosi dan tampilan cryptocurrency di larang di China. 

"Meskipun tidak secara langsung mempengaruhi crypto, tindakan keras China terhadap perusahaan teknologi adalah contoh lain dari melenturkan otot regulasinya terhadap industri yang pengawasannya kurang," kata Antoni Trenchev, pendiri pemberi pinjaman crypto Nexo di London seperti dikutip Bloomberg. 

Antoni mengatakan, Bitcoin juga terjebak dalam baku tembak peraturan China karena dipandang sebagai ancaman terhadap yuan digital. 
China telah meningkatkan fokusnya pada industri cryptocurrency, menambahkan pembatasan penambangan, perdagangan, dan layanan lainnya. China juga mengeluarkan peringatan kepada entitas seperti bank yang mungkin memfasilitasi transaksi semacam itu. 

Banyak penambang telah tutup atau mencoba pindah ke luar negeri, dan metrik penambangan telah menunjukkan penurunan aktivitas.

Secara teknikal pergerakan harga Bitcoin berada di rata-rata pergerakan 50 hari di atas US$ 36.000 sebagai zona potensial untuk melihat penembusan bullish. Namun, Bitcoin telah terjebak dalam kisaran sekitar US$ 30.000 - US$ 40.000 selama berminggu-minggu setelah turun dari rekor harga tertinggi di US$ 65.000 yang dicapai pada pertengahan April.

Baca Juga: Duh, Elon Musk bagikan kutipan palsu tentang kripto dari Warren Buffett

"Bitcoin telah mengalami tren sideways antara US$ 30.000 dan US$ 40.000 untuk bagian terbaik dari tujuh minggu sekarang," kata Trenchev. Dia memperkirakan, Bitcoin tetap terjebak dalam tren ini untuk masa mendatang, sebelum bergerak lebih tinggi lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×