kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bahaya, bursa cryptocurrency terbesar di Turki kolaps


Jumat, 23 April 2021 / 04:00 WIB
Bahaya, bursa cryptocurrency terbesar di Turki kolaps
ILUSTRASI.


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Salah satu bursa mata uang kripto terbesar di Turki, bursa Thodex mengatakan kondisi keuangan sedang di masa sulit untuk melanjutkan operasi. Hal ini membuat ratusan ribu investor khawatir akan dana simpanan mereka. Pihak berwenang berusaha menemukan pendiri perusahaan yang berusia 27 tahun, yang melarikan diri dari negara tersebut.

Dalam pernyataan Chief Executive Officer Thodex Faruk Fatih Ozer seperti dikutip Bloomberg, berjanji untuk membayar kembali dana investor dan kembali ke Turki untuk menghadapi hukuman. Pemerintah Turki memblokir rekening perusahaan dan polisi menggerebek kantor pusat Thodex di Istanbul.

Menurut hitungan surat kabar Haberturk, kerugian bisa mencapai US$ 2 miliar. Pengacara para korban mengatakan, uang yang diinvestasikan oleh sekitar 390.000 pengguna aktif tidak bisa diambil kembali. 

Baca Juga: Harga Dogecoin diproyeksi menuju US$ 1, volume transaksi capai Rp 1 triliun

Tapi Ozer bilang, jumlah pengguna dan nilai kerugian tak sebesar yang disebut oleh pengacara para korban. Dia dalam sebuah pernyataan di situs web perusahaan pada hari Kamis menyebut, pengguna yang terimbas efek ada sekitar 30.000 pengguna. Tidak ada yang mengetahui atas kondisi yang sebenarnya terjadi.  

Sementara pihak berwenang dan pelanggan mencoba mencari tahu detail dari apa yang terjadi. Seorang pejabat senior di kantor Presiden Recep Tayyip Erdogan menyerukan, regulasi pasar crypto. Secara global, lonjakan harga token digital telah dibarengi dengan keyakinan dan tindakan regulasi setelah berbagai penipuan terkait dengan platform perdagangan.

"Pemerintah Turki harus mengambil tindakan secepat mungkin," kata Cemil Ertem, penasihat ekonomi senior untuk Erdogan, kepada Bloomberg. Skema piramida sedang dibuat. Turki akan melaksanakan peraturan yang sejalan dengan ekonominya, tetapi juga dengan mengikuti perkembangan global. 

Thodex adalah bagian dari ledakan cryptocurrency yang telah menarik banyak orang Turki yang berusaha melindungi simpanan mereka dari inflasi yang merajalela dan mata uang yang tidak stabil. Inflasi mencapai 16,2% di Maret, tiga kali lipat dari target bank sentral sebesar 5%. Lira Turki telah melemah 10% terhadap dolar tahun ini, kerugiannya yang kesembilan tahun berturut-turut.

Pemerintah menghabiskan cadangan devisa US$ 165 miliar selama dua tahun terakhir. Erdogan berkata ini bagian dari upaya sia-sia untuk menopang mata uang nasional. Kekhawatiran tentang berkurangnya cadangan devisa negara menjadi negatif ketika uang yang dipinjam oleh pemerintah dari bank swasta melalui perjanjian pertukaran memicu kekhawatiran lira dan simpanan dollar. Kondisi ini mendorong nasabah mencari sarana investasi alternatif.

Baca Juga: JPMorgan: Jika tak segera tembus US$ 60.000, harga Bitcoin dalam tren turun

Jumat lalu, volume perdagangan di pasar crypto Turki naik tiga kali lipat menjadi lebih dari US$ 1,2 miliar dari minggu sebelumnya, menurut data yang diterbitkan oleh coingecko.com, yang melacak data harga, volume dan nilai pasar di pasar crypto. Volume perdagangan harian rata-rata di indeks pasar saham Turki sekitar US$ 3,1 miliar.

"Seseorang dapat ikut crypto hanya dengan modal 50.000 lira (sekitar $ 6.000)," kata Oguz Evren Kilic, seorang pengacara yang mewakili pengguna Thodex, melalui telepon. Ada kesenjangan regulasi yang besar di bidang ini.

Ozer tidak menanggapi beberapa panggilan ke ponselnya. Pusat panggilan perusahaan juga tidak mengangkat panggilan. Bedirhan Oguz Basibuyuk, pengacara Thodex, mengatakan kepada Bloomberg tidak tahu di mana Ozer berada, tetapi dia tidak berada di Turki. Kantor Berita Demiroren melaporkan, Ozer melarikan diri ke Albania pada hari Selasa. Kantor berita menerbitkan foto Ozer di bandara Istanbul.

Bulan lalu, Thodex banyak promo untuk meningkatkan keanggotaan dengan menawarkan jutaan Dogecoin gratis kepada pendaftar baru. Situs webnya mengatakan 4 juta koin telah didistribusikan, meskipun banyak orang telah menggunakan media sosial untuk mengeluh bahwa mereka tidak pernah menerimanya.

"Saya lahir sebagai salah satu dari tiga bersaudara seorang pegawai negeri," kata Ozer dalam rilis. Dia putus sekolah saat SMA. Saat perusahaan mengalami masalah keuangan, dia mengatakan bahwa dia berpikir untuk bunuh diri atau menyerahkan dirinya kepada pihak berwenang, tetapi kedua opsi tersebut berarti aset klien tidak akan pernah diambil.

Baca Juga: Peritel online Newegg menerima pembayaran pakai Dogecoin

“Jadi saya memutuskan untuk tetap hidup dan berjuang, bekerja dan membayar utang saya kepada Anda,” kata Ozer. Pada hari Ozer membayar semua utang dan kembali ke Turki dan menyerahkan diri pada pengadilan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×