kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bagi Investor Pemula, Analis Fundamental Saham Menjadi Hal yang Penting


Minggu, 25 Desember 2022 / 17:54 WIB
Bagi Investor Pemula, Analis Fundamental Saham Menjadi Hal yang Penting
Bagi Investor Pemula, Analis Fundamental Saham Menjadi Hal yang Penting


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Bagi investor pemula yang ingin berinvestasi di pasar modal, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli saham. Seperti profil risiko, menentukan tujuan investasi, dan menentukan jumlah investasi.

CEO Panen Saham Sekuritas Indonesia Anthony mengatakan, dalam menentukan perusahaan mana yang ingin dijadikan pilihan investasi, perlu juga untuk mengetahui terlebih dahulu fundamental dari perusahaan, mencari atau meminta nasihat kepada pialang, broker atau investor profesional, serta memahami analisis teknikal atau fundamental saham.

"Karena dalam berinvestasi, analisis fundamental sangat berpengaruh dalam memperbesar keuntungan," ujarnya dalam keterangannya, Minggu (25/12).

Baca Juga: Lokal Mendominasi, Investor Pasar Modal Diprediksi Tumbuh Hingga 30% di 2023

Analisis fundamental sendiri merupakan proses mengumpulkan dan mengolah informasi yang ada untuk mengukur nilai intrinsik sekuritas dengan cara memeriksa faktor finansial serta keuangan yang terkait dengan emiten yang terdaftar di bursa saham.

Pendekatan Top-down merupakan salah satu pendekatan yang seringkali digunakan dalam proses analisis fundamental saham. Pendekatan tersebut dilakukan dengan cara memeriksa kondisi makro, sektoral, dan mikro perusahaan secara kualitatif dan kuantitatif.

Analisis fundamental juga dapat membantu investor dalam memprediksi waktu yang tepat untuk masuk atau keluar dari saham, mengetahui nilai wajar dari saham, hingga memutuskan pembelian atau penjualan saham tanpa stres yang berlebih.

Dari data-data yang diperoleh melalui analisis fundamental saham tersebut, nantinya akan diketahui saham apa saja yang tepat dengan tingkat prediksi keuntungan yang tinggi.

Baca Juga: BEI Mencatat Rekor Aktivitas IPO Tahun Ini

Oleh sebab itu, analisis fundamental berperan penting dalam probabilitas kesuksesan ketika berinvestasi saham.

Anthony berkomitmen dalam mengadakan edukasi dengan berkeliling Indonesia untuk dapat menyebarluaskan pengalaman serta informasi mengenai investasi saham kepada banyak investor agar mampu sukses dalam berinvestasi.

"Kalau anda sudah dewasa di Pasar Modal, anda tidak akan tertarik lagi dengan Teknikal Analisis, tapi lebih memperhatikan Fundamental Analisis.” Kata Anthony.

Adapun Panen Sekuritas melakukan edukasi saham pada Sabtu, 17 Desember di Bukittinggi dan Minggu, 18 Desember 2022 di Kota Padang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×