kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Antam (ANTM) memprediksi kinerja semester satu akan terpengaruh Covid-19


Kamis, 23 April 2020 / 18:27 WIB
Antam (ANTM) memprediksi kinerja semester satu akan terpengaruh Covid-19
ILUSTRASI. Aneka Tambang (ANTM) menyesuaikan tingkat penyerapan pasar dan harga komoditas di tengah tantangan global.


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) memprediksi kondisi yang disebabkan oleh Covid-19 akan mempengaruhi kinerja bisnisnya terutama di kuartal I-2020 serta awal kuartal II-2020.

SVP Corporate Secretary ANTM Kunto Hendrapawoko menjelaskan tekanan pada kinerja Antam dipengaruhi oleh banyaknya negara yang melakukan kebijakan lockdown, termasuk di beberapa negara tujuan ekspor seperti Tiongkok dan India.

"Kondisi ini tentunya memengaruhi kinerja Antam jika pandemi masih berlangsung dalam waktu yang lama," jelas Kunto kepada Kontan.co.id, Kamis (23/4).

Baca Juga: Harga emas 24 karat Antam hari ini naik Rp 6.000 per gram, Kamis 23 April 2020

Kunto menambahkan target operasional 2020 bersifat terbuka. Artinya, perusahaan pelat merah ini menyesuaikan tingkat penyerapan pasar dan harga komoditas di tengah tantangan kondisi perekonomian global yang berfluktuasi pada kuartal I-2020 dan kuartal II-2020, serta outlook perekonomian global tahun 2020 selama Covid-19 outbreak.

Meski begitu, Antam tetap optimistis dapat menghasilkan capaian produksi dan penjualan komoditas yang positif di tahun ini. Kunto menjelaskan Antam saat ini terus melakukan pendalaman beberapa skenario jangka panjang yang mungkin terjadi sebagai dampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Aneka Tambang (ANTM) akan fokuskan belanja modal untuk penyelesaian proyek

Antam akan melakukan penyesuaian sebagai bagian dari upaya meningkatkan daya saing dengan fokus pada penurunan biaya tunai operasi melalui inovasi dalam bidang operasi. Antara lain efisiensi dalam penggunaan bahan-bahan pembantu produksi.

"Pada prinsipnya Antam senantiasa mengevaluasi setiap peluang yang ada untuk meningkatkan kinerja dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dan prinsip-prinsip pengelolaan perusahaan yang baik," imbuhnya.

Komitmen stabilitas operasional, lanjut Kunto, dilakukan dengan memberikan prioritas utama kepada kesehatan dan keselamatan karyawan. Antam secara ketat menjalankan protokol kesiagaan holding industri pertambangan MIND ID serta mematuhi kebijakan yang dirilis oleh Pemda setempat sekitar operasional Antam.

Baca Juga: Antam Mengerek Produksi Nikel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×