kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anjlok, Giliran Saham Mitra Pedagang (MPIX) Kena Suspensi dari BEI


Rabu, 28 Februari 2024 / 08:26 WIB
Anjlok, Giliran Saham Mitra Pedagang (MPIX) Kena Suspensi dari BEI
ILUSTRASI. PT Mitra Pedagang Indonesia Tbk (MPIX) resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (7/2).


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara (suspensi) perdagangan saham dan waran seri I PT Mitra Pedagang Indonesia Tbk (MPIX & MPIX-W) pada hari ini, Rabu (28/2).

Penghentian sementara perdagangan saham dan waran MPIX ini dilakukan karena terjadi penurunan harga kumulatif yang signifikan.

"Dalam rangka cooling down sebagai bentuk perlindungan bagi investor, BEI memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham dan waran MPIX," ungkap Yulianto Aji Sadono, Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI dan Pande Made Kusuma Ari A, Kepala Divisi Pengaturan & Operasional Perdagangan BEI dalam pengumuman bursa, Selasa (27/2) lalu.

Penghentian sementara perdagangan saham MPIX dilakukan di pasar reguler dan pasar tunai. Sedangkan penghentian sementara perdagangan waran MPIX-W dilakukan di seluruh pasar.

Baca Juga: Mitra Pedagang Indonesia (MPIX) Bidik Pertumbuhan Laba 2,5% pada 2024

Suspensi saham dan waran ini dilakukan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar uintuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasi dan saham dan waran Mitra Pedagang Indonesia.

Sekadar informasi, MPIX baru mencatatkan saham di BEI pada Senin (12/2) lalu. Mitra Pedagang menetapkan harga initial public offering (IPO) Rp 334 per saham. 

Pada perdagangan perdana, harga saham MPIX mentok auto rejection bawah (ARB) dengan penurunan 24,55% ke level Rp 252 per saham dari harga IPO. Pada tiga hari perdagangan sejak IPO, harga saham MPIX turun ARB.

Pada perdagangan kemarin, Selasa (27/2), harga saham MPIX turun 3,82% ke Rp 126 per saham. Artinya, harga saham MPIX telah mengakumulasi penurunan 62,27% dari harga IPO dalam 12 hari perdagangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×