kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Andalkan second liner, BNP Paribas Solaris torehkan return positif


Senin, 12 Maret 2018 / 18:28 WIB
Andalkan second liner, BNP Paribas Solaris torehkan return positif
ILUSTRASI. BNP Paribas Investment


Reporter: Dimas Andi | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah gejolak yang melanda pasar saham, sejumlah produk reksadana saham masih mampu mencatatkan kinerja menawan. Salah satunya, reksadana saham BNP Paribas Solaris. Kinerja produk besutan PT BNP Paribas Investment Partners ini ditopang saham-saham berkapitalisasi kecil dan sedang atau saham-saham lini kedua (second liner).

Dalam dua bulan terakhir atau year to date (ytd) Februari 2018, BNP Paribas Solaris memperoleh imbal hasil sebesar 6,92%. Kinerja reksadana saham ini lebih tinggi dibandingkan kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang hanya naik 3,80% pada periode yang sama.

Khusus Februari, saat IHSG merosot 0,13%, reksadana BNP Paribas Solaris masih sanggup mencetak imbal hasil positif yaitu sebesar 0,75%.

Presiden Direktur BNP Paribas Investment Partners, Vivian Secakusuma menjelaskan, BNP Paribas Solaris merupakan reksadana tematik yang fokus pada saham-saham berkapitalisasi kecil hingga sedang. Menurutnya, saham-saham tersebut banyak diminati oleh investor lokal maupun mancanegara.

Ia menyebut, faktor utama yang mendorong kinerja saham berkapitalisasi kecil-sedang adalah saham-saham berkapitalisasi besar sudah naik cukup besar pada tahun lalu. “Jarak valuasi saham small-mid cap semakin besar dibandingkan dengan saham berkapitalisasi besar,” papar Vivian.

Di samping mengandalkan saham-saham berkapitalisasi kecil hingga sedang, BNP Paribas Investment Partners juga fokus pada saham-saham emiten yang memiliki pertumbuhan laba positif dengan mempertimbangkan sektor-sektor yang potensial di waktu mendatang.

Berdasarkan Fund Fact Sheet per Februari 2018, porsi saham yang terdapat pada portofolio reksadana yang meluncur sejak 15 Mei 2008 tersebut mencapai 88,64%. Saat ini, BNP Paribas Investment Partners lebih cenderung berinvestasi pada saham di sektor konsumer dan beberapa komoditas. Adapun, lima besar efek saham yang terdapat pada reksadana ini antara lain saham BNII, GGRM, INKP, INDF dan UNTR.

Menurut Vivian, dalam pemilihan aset berupa saham, pihaknya terlebih dahulu melakukan analisis likuiditas dan fundamental pada emiten-emiten terkait. Proses ini dilakukan dengan mengevaluasi emiten dari sisi model bisnis dan tim manajemen. “Hal lain yang akan dilihat adalah prospek pertumbuhan dari perusahaan, termasuk industri di mana perusahaan itu bergerak,” paparnya.

Selain efek saham, reksadana BNP Paribas Solaris juga memiliki aset berupa efek pasar uang sebesar 11,36%. Hal ini untuk meminimalisir risiko sekaligus menjaga likuiditas reksadana tersebut.

Walaupun tidak mengungkapkan secara rinci, Vivian menargetkan imbal hasil reksadana ini mampu melampaui indeks acuannya pada akhir tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×