kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Analis Proyeksi Momen Pemilu Kerek Kinerja HM Sampoerna (HMSP)


Rabu, 13 September 2023 / 04:50 WIB
Analis Proyeksi Momen Pemilu Kerek Kinerja HM Sampoerna (HMSP)


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Harga jual produk rokok PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP) masih berpotensi naik di sisa tahun 2023. Kondisi perekonomian yang lebih baik akan mengangkat daya beli, sehingga jadi momentum penyesuaian harga jual.

Analis Ciptadana Sekuritas Asia Putu Chantika Putri memaparkan, HMSP mencatatkan penurunan volume penjualan sebesar 40,5 miliar batang atau lebih rendah 4,3% di semester I 2023. Lesunya penjualan HMSP sejalan dengan penjualan secara industri yang tercatat sebesar 141 miliar batang atau lebih rendah 5,6%yoy per semester I 2023.

Walaupun demikian, pangsa pasar HMSP justru meningkat menjadi 28,7% pada semester I 2023 dibandingkan 28,3% di semester I 2022 terutama berkat kontribusi segmen SKT. Hal itu terkonfimasi berdasarkan data Philip Morris International yang melaporkan kontribusi segmen di bawah Tier-1 telah bertumbuh mencapai 40% dari total volume industri.

Baca Juga: Segmen Produk Lebih Murah jadi Mesin Pertumbuhan HM Sampoerna (HMSP)

Putu berujar, penurunan volume penjualan untungnya diimbangi oleh harga jual yang tinggi, sehingga masih mampu mendorong tumbuhnya pendapatan. HMSP telah meningkatkan harga jual rata-rata (ASP) sekitar 9%yoy sehingga membawa pendapatan kumulatif Rp 56,2 triliun yang naik 5%yoy pada paruh pertama 2023.

Ke depan, HMSP diharapkan lebih percaya diri dalam meningkatkan harga jual produknya di paruh kedua tahun ini. Daya beli yang kuat didorong oleh beragam kegiatan jelang periode pemilihan umum (pemilu) dapat menjadi momentum bagi HM Sampoerna untuk naikkan harga jual.

 

“Harga jual rata-rata produk HMSP saat ini memang sedikit lebih rendah dibandingkan kompetitor,” ungkap Putu kepada Kontan.co.id, Selasa (12/9).

Analis Bahana Sekuritas Christine Natasya mengamati, naiknya pamor segmen produk Sigaret Kretek Tangan (SKT) naik karena industri rokok tengah mengalami downtrading. Daya beli yang rendah menyebabkan perpindahan konsumsi perokok ke produk dengan cukai dan harga yang lebih murah.

HMSP mengungkapkan memang produk SKT lebih diminati karena kenaikan cukainya lebih rendah dibandingkan kenaikan cukai rokok buatan mesin. Kenaikan tarif cukai rokok rata-rata 10% pada tahun 2023-2024, sementara khusus tarif cukai jenis SKT kenaikan maksimum hanya 5%.

Hal itu tercermin dari pendapatan kategori produk SKT sebesar 26,1%yoy di paruh pertama 2023 dengan kontribusi sekitar 27% terhadap total pendapatan HMSP. Sebaliknya, pendapatan pada kategori Sigaret Kretek Mesin (SKM) justru turun sekitar 0,9% yoy yang berkontribusi 62% terhadap total pendapatan.

Baca Juga: Intip Rekomendasi Saham Teknikal untuk UNVR, HMSP, MEDC pada Rabu (26/7)




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×