kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Analis DCFX Futures: Harga Saham ANTM Dikisaran Rp 2.250 - Rp 2.350 di Akhir Tahun


Senin, 21 November 2022 / 20:04 WIB
Analis DCFX Futures: Harga Saham ANTM Dikisaran Rp 2.250 - Rp 2.350 di Akhir Tahun


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam fokus merampungkan perjanjian kerja sama dengan mitra strategis untuk pengembangan proyek baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Analis DCFX Futures Lukman Leong mengatakan, kerja sama tersebut akan sangat positif bagi Antam. Namun dampak ini tidak dapat dirasakan serta merta dalam waktu dekat.

"Saat ini, harga harga komoditas logam industri masih akan tertekan oleh pelemahan ekonomi global tahun depan oleh sikap agresif bank sentral dunia," jelas Lukman dalam keterangannya, Senin (21/11).

Baca Juga: Beda Nasib, Cek Harga Saham ANTM & GOTO di Perdagangan Bursa Senin (21/11)

Meski begitu, menurutnya, Antam masih layak untuk dikoleksi oleh para investor. Lukman mengatakan, Antam memiliki potensi upside sangat besar.

"Kenaikan saham ANTM bisa saja lebih awal dari perkiraan. Hingga akhir tahun saya perkirakan harga saham ANTM dikisaran Rp 2.250 - Rp 2.350. Tahun depan bisa mencapai Rp 3.000 per saham," prediksi Lukman. 

Meski begitu, Lukman mengingatkan agar perusahaan komoditas agar berhati-hati hingga akhir tahun karena masih ada tenakan. Namun kondisi akan membaik pada kuartal III 2023.

"Saya melihat perusahaan komoditas (di luar energyi) masih akan defensif hingga paling tidak hingga kuartal II 2023. Saham ANTM mulai bisa naik di pertengahan 2023," pungkas Lukman.

Saat ini, Antam tengah fokus untuk menyelesaikan perjanjian kerja sama dengan partner strategis. Setelah perjanjian itu rampung, aspek pengelolaan Environmental, Social, and Governance (ESG) dan project funding selanjutnya bakal disepakati bersama para mitra.

Seperti diketahui, anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID ini merupakan salah satu pemegang saham PT Industri Baterai Indonesia/Indonesia Battery Corporation (IBC) yang didirikan bersama perusahaan pelat merah lain yakni PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero) pada kuartal pertama 2021 lalu.

Baca Juga: Harga Emas Antam Tak Bergerak di Level Rp 978.000 Per Gram Pada Hari Ini (21/11)

Antam akan berperan langsung di sisi hulu dalam proyek EV Battery, sedangkan di sisi hilir akan dikerjakan melalui IBC.

Pasalnya, IBC diamanahkan untuk fokus pada pengelolaan ekosistem industri baterai kendaraan bermotor listrik yang terintegrasi dari hulu hingga hilir untuk memaksimalkan potensi sumber daya mineral di Indonesia.

Sebagai informasi, harga saham ANTM hari ini ditutup di level Rp 1.960. Dari penutupan Jumat (18/11), harga saham ANTM sama dengan harga sebelumnya 0,00% dari Rp 1.960. Saham ANTM dibuka di atas harga penutupan sehari sebelumnya, tepatnya pada harga Rp 1.980 per saham.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×