kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anak Usaha Adhi Karya (ADHI) Dapat Pinjaman Rp 325 Miliar


Sabtu, 17 Juni 2023 / 04:50 WIB
Anak Usaha Adhi Karya (ADHI) Dapat Pinjaman Rp 325 Miliar


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anak usaha PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Dumai Tirta Persada mendapat pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur dan PT Indonesia Infrastructure Fund. Transaksi yang ditandatangani pada 14 Juni 2023 ini senilai Rp 325 miliar. 

Sekretaris Perusahaan PT Adhi Karya Tbk Farid Budiyanto dalam keterbukaan informasi di BEI pada 16 Juni 2023 menjelaskan, fasilitas pinjaman ini adalah pinjaman berjangka senior dengan jangka waktu selama 15 tahun. Dia menjelaskan, atas pinjaman Dumai Tirta ini maka ADHI memberi dukungan berupa komitmen berbentuk surat kesanggupan yang akan menjamin 51% dari jumlah maksimal pinjaman Dumai Tirta. Ini merupakan salah satu syarat yang perlu dipenuhi ADHI sebagai pemegang saham. 

Baca Juga: Perkuat Kinerja Bisnis, Adhi Commuter Properti (ADCP) Ubah Susunan Pengurus

Perusahaan ini juga gadai saham atas 12.750 saham setara dengan 51% saham termasuk semua saham dalam modal Dumai Tirta yang dimiliki ADHI. Ini artinya seluruh saham yang dimiliknya di Dumai Tirta. 

Farid menjelaskan transaksi pinjaman yang merupakan transaksi afiliasi ini merupakan upaya ADHI dalam mendukung kegiatan pengembangan proyek yang dijalankan Dumai Tirta. Saat ini, anak usaha ADHI ini menjalankan proyek kerjasama dengan pemerintah dan badan usaha (KPBU) SPAM Kota Dumai. 

Dumai Tirta membutuhkan pendanaan yang bersumber dari ekuitas dan pinjaman senior. Untuk itu, Dumai Tirta akan mendapatkan pinjaman dari nilai pokok pinjaman maksimal sebesar Rp 325 miliar. Sedangkan ADHI sebagai pemegang saham Dumai Tirta akan berkontribusi secara ekuitas setidaknya senilai Rp 74,35 miliar. Rencananya ADHI akan menyetor modal dengan tetap memperhatikan rasio modal dan utang. 

"Salah satu persyaratan pemberi pinjaman dalam memberi pinjaman kepada Dumai Tirta adalah harus ada dukungan dari ADHI sebagai pemegang saham mayoritas," terang Farid dalam keterbukaan

Baca Juga: Industri Properti Berbasis TOD Mulai Berkembang di Kota Besar Indonesia informasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×