kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,85   -24,88   -2.68%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Alumni Universitas Indonesia kuasai kursi Komisaris di Emiten Grup BUMN


Senin, 22 Juni 2020 / 22:32 WIB
Alumni Universitas Indonesia kuasai kursi Komisaris di Emiten Grup BUMN
Komisaris Utama M Chatib Basri adalah Alumni Universitas Indonesia.


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sedang menjalankan perombakan komisaris dan direksi di emiten saham BUMN. Saat ini tercatat sekitar 35 perusahaan di Grup BUMN yang sudah listing di Bursa Efek Indonesia (BEI). Hingga saat ini ada sekitar 191 Komisaris yang sudah ditetapkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Secara umum, perubahan komisaris dan direksi di lingkungan BUMN ini juga mengubah peta penempatan posisi alumni universitas di jajaran petinggi emiten saham Grup BUMN. Hasilnya alumni sarjana strata 1 (S-1) Universitas Indonesia (UI) tercatat paling banyak mengisi jabatan komisaris di emiten saham Grup BUMN.

Baca Juga: Komisaris Bank BRI dikuasai lulusan Universitas Indonesia

Alumni UI yang memiliki asosiasi dengan nama tenar Ikatan Alumni UI (Iluni) itu menempati 29 pos komisaris di sejumlah emiten saham Grup BUMN. Beberapa nama alumni UI yang menjabat komisaris di lingkungan BUMN antara lain Rheinald Kasali (Komut TLKM).

Bahkan alumni UI menyapu bersih posisi komut di empat emiten saham bank BUMN terbesar. Mereka adalah Kartika Wirjoatmodjo (Komut BRI), Muhammad Chatib Basri (Komut Bank Mandiri), Agus Martowardojo (Komut BNI) dan Chandra Hamzah (Komut BTN).

Setelah UI, alumni S-1 Institut Teknologi Bandung (ITB) berada di peringkat kedua yang mengisi jabatan komisaris di emiten saham Grup BUMN. Tercatat sebanyak 23 orang alumni ITB menempati  komisaris emiten saham di lingkungan BUMN. Salahnya adalah Archandra Tahar yang menjabat Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS).

Jika dirinci lagi, berikut ini adalah peringkat jumlah komisaris berdasarkan alumni jenjang S-1 di perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia. Peringkat ini disusun berdasarkan data 19 Juni 2020 dari 35 emiten saham Grup BUMN yang tercatat di BEI.

Peringkat Universitas/Institut Jumlah
1 Universitas Indonesia 29
2 Institut Teknologi Bandung 23
3 Universitas Gajah Mada 22
4 Universitas Padjadjaran 8
5 Universitas Airlangga 7
6 Universitas Dipenegoro 7
7 Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta 6
8 Institut Pertanian Bogor 6
9 Institut Teknologi 10 November Surabaya 5
10 Universitas Brawijaya 4
11 Universitas Sriwijaya 3
12 Universitas Sumatera Utara 1
13 Lain-lain 70

Saat ini, jumlah komisaris di emiten saham Grup BUMN mencapai 191 orang. Dengan kata lain, porsi komisaris yang dikuasi alumni UI mencapai 15,18%. Alumni ITB menguasai 12,04% porsi komisaris, sementara alumni UGM mengambil 11,51% dari total komisaris di emiten saham Grup BUMN.

Jumlah 191 Komisaris berdasarkan lulusan kampusnya itu berasal dari emiten Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (BRI), BRI, BRI Syariah, Bank Tabugan Negara (BTN), Bank Mandiri, Telekomunikasi Indonesia, Krakatau Steel, Plat Timah Nusantara, Garuda Indonesia, GMF Aero Asia, Perusahaan Gas Negara, Jasa Marga.

Baca Juga: Bikin bangga! Alumni UGM borong jabatan Direksi di Bank BNI

Lalu dari Kimia Farma, Phapros Farmasi, Indofarma, Semen Indonesia, Solusi Bangun Indonesia, Semen Baturaja, Adhi Karya, Pembangunan Perumahan, PP Properti    Properti, PP Presisi, Wijaya Karya, Wika Gedung, Wika Beton Precast, Waskita Karya.

Lalu, data itu juga dihimpun dari Elnusa, Asuransi Tugu Pratama, Indonesia Kendaraan Terminal, Jasa Armada Indonesia, Bukit Asam, Aneka Tambang, dan terakhir PT Timah Tbk.

Oh iya, hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) memang sudah diumumkan pada April 2020. Bagi yang tidak lolos di ajang tersebut, pendaftaran masuk universitas jalur mandiri bisa jadi pilihan.

Nah, yang masih bingung menentukan universitas idaman, jejak sukses karier para alumni bisa jadi pertimbangan untuk menentukan universitas pilihan. Salah satunya dengan menelusuri jejak karier para alumni universitas yang sukses berkiprah di emiten saham BUMN ini.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×