kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45996,76   -4,98   -0.50%
  • EMAS979.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Akuisisi So Good Food, begini prospek saham dan kinerja Japfa Comfeed (JPFA)


Senin, 07 September 2020 / 20:55 WIB
Akuisisi So Good Food, begini prospek saham dan kinerja Japfa Comfeed (JPFA)
ILUSTRASI. Akuisisi So Good Food yang merupakan market leader akan berdampak positif bagi Japfa Comfeed (JPFA).


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) memiliki prospek kinerja yang lebih cerah setelah mengakuisisi PT So Good Food dan So Good Food Manufacturing. Analis memproyeksikan kinerja di semester II-2020 juga akan membaik daripada semester I-2020. 

JPFA dan anak usahanya PT Ciomas Adiswasta telah menandatangani perjanjian jual beli dengan Jupiter Foods Pte Ltd dan Annona Pte terkait pembelian 100% saham So Good Food. 

Michael Wilson, analis RHB Sekuritas mengatakan, akuisisi ini berdampak positif agar JPFA bisa menciptakan bisnis yang terintegrasi. "Ke depan bisnis JPFA akan mengalami peningkatan economies of scale dan efisiensi," kata Michael, Senin (7/9). 

Akuisisi ini membawa keuntungan bagi JPFA karena kinerja So Good Food di semester I-2020 sudah mulai membaik. Meski, di tahun lalu Michael mengamati kinerja So Good Food sempat menurun karena naiknya harga broiler dan persaingan pasar yang ketat. Kinerja operasional JPFA juga akan lebih efisien karena terbantu dari jumlah rumah pemotongan ayam (RPA) milik So Good Food. 

Baca Juga: Aktivitas merger dan akuisisi masih ramai di tengah pandemi corona (Covid-19)

Michael mengatakan, nilai akuisisi yang mencapai total Rp 1,2 triliun tidak mahal. Bunga dari promissory note yang akan dipakai untuk membayar sebagian biaya akuisisi juga rendah. 

llona Freddy, analis Korea Investment & Sekuritas Indonesia mengungkapkan, merek dagang So Good menjadi market leader untuk makanan siap saji sehingga akuisisi ini berdampak positif pada bisnis JPFA. Jika dibandingkan, market share So Good 22,6% lebih tinggi dari PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) lewat merek Fiesta dengan pangsa pasar 18,8%. 

Namun, kinerja JPFA di semester I-2020 masih tertekan. Tercatat, pendapatan JPFA menurun 7% secara year on year (yoy) ke Rp 16,91 triliun. Sementara, laba bersih anjlok 81% menjadi Rp 155,11 miliar. 

Baca Juga: JAPFA berkolaborasi dengan perbankan berikan fasilitas KUR bagi mitra peternak

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×