kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada perubahan minor konstituen indeks, simak tanggapan analis


Senin, 27 April 2020 / 21:04 WIB
Ada perubahan minor konstituen indeks, simak tanggapan analis
ILUSTRASI. Layar menampilkan pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (22/4/2020).Ada perubahan minor konstituen indeks, simak tanggapan analis. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.


Reporter: Kenia Intan | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa indeks yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan perubahan minor. Di antaranya indeks IDX30, LQ45, dan Sri-Kehati. Perubahan secara efektif  berlaku pada 4 Mei 2020 hingga Juli 2020. 

Di dalam IDX 30, PT Bank Rakyat IndonesiaTbk (BBRI) , PT Barito Pacific Tbk (BRPT), PT Vale Indonesia Tbk (INCO), dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) mengalami perubahan peningkatan jumlah saham untuk indeks setelah dievaluasi. 

Baca Juga: Persepsi negatif dalam lima tahun terakhir jadi pemberat saham BUMN cepat pulih

Di sisi lain, ada juga emiten yang mengalami penurunan jumlah saham untuk indeks IDX30. Emiten tersebut di antaranya, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN). 

Sementara itu untuk indeks LQ45 terdapat empat emiten yang mengalami peningkatan jumlah saham untuk indeks antara saat ini dengan hasil evaluasi. Emiten tersebut seperti BBRI, INCO, PT Barito Pasific Tbk (BRPT), dan PT XL Axiata Tbk (EXCL). 

Adapun emiten LQ45 yang mengalami penurunan jumlah saham  setelah dievaluasi ada BBCA, KLBF, MNCN, PT AKR Corpindo Tbk (AKRA), PT Ciputra Development Tbk (CTRA), PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) dan PT Pakuwon Jati Tbk (PWON).

Lalu PT Sri rejeki Isman Tbk (SRIL), PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG), PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM), TLKM, serta PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR). 

Baca Juga: Kabar baik soal Covid-19 dorong IHSG naik 0,38% pada perdagangan Senin (27/4)

Untuk indeks Sri-kehati, ada dua saham yang tercatat keluar dari indeks ini yakni PT Astra Agri Lestari Tbk (AALI) dan PT Timah Tbk (TINS). Kedua saham itu digantikan oleh PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP), dan INCO




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×