kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

2014, prospek usaha AISA dan WEHA dinilai stabil


Jumat, 10 Januari 2014 / 18:34 WIB
2014, prospek usaha AISA dan WEHA dinilai stabil
ILUSTRASI. Asbestos dapat terbawa udara dan bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh serta terperangkap saat terhirup atau tertelan.


Reporter: Amailia Putri Hasniawati | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menyematkan prospek stabil terhadap dua emiten. Kedua perusahaan itu adalah PT Tiga Pilar Sejahtera Tbk (AISA) dan PT Panorama Transportasi Tbk (WEHA).

Martin Pandiangan, Analis Pefindo mengatakan, peringkat perusahaan konsumer ini tetap di level A- atas perusahaan dan surat utang. Adapun, surat utang yang dimaksud adalah obligasi I/2013 dan sukuk ijarah I/2013.

Ia menilai bisnis AISA relatif terdiversifikasi dan stabil. Arus kas perseroan pun dinilai moderat. "Namun, peringkat dibatasi oleh agresifnya ekspansi bisnis yang didanai dari utang," ujarnya, Jumat (10/1).

Selain itu, yang menjadi batasan lainnya adalah exposure terhadap fluktuasi biaya bahan baku dan ketatnya kompetisi. Selain AISA, Pefindo juga sudah memperbaharui peringkat WEHA. 

Yudi Perdana, Analis Pefindo bilang, perusahaan transportasi ini tetap memiliki peringkat BBB+ untuk perusahaan dan obligasi I/2012. Pemberian peringkat ini didasari pada profil armada perusahaan yang bagus dan stabilnya margin kentungan.

Adanya penerimaan berkesinambungan dari induk perusahaan juga dinilai menjadi pertimbangan level peringkat yang diberikan. Prospek stabil yang dipegang perseroan bisa meningkat jika perusahaan bisa meningkatkan posisi bisnis secara signifikan.

Terutama, dari segmen taksi dan jasa sewa mobil. Faktor lainnya adalah jika perusahaan bisa  memperbaiki profitabilitas dan leverage keuangan secara berkelanjutan. 

"(prospek akan) diturunkan jika kinerja dari rencana ekspansi di segmen taksi dan sewa mobil tidak seperti yang diharapkan," ujar Yudi. 

Selain itu, penurunan prospek juga akan terjadi jika ada tambahan utang yang lebih besar dari yang diproyeksikan. Peringkat dan prospek ini berlaku untuk kurun waktu satu tahun terhitung 6 Januari 2014 hingga 1 Januari 2015. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×