kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengharap berkah laporan kinerja emiten


Senin, 30 Januari 2012 / 07:03 WIB
Mengharap berkah laporan kinerja emiten


Reporter: Rizki Caturini, Revi Yohana Simanjuntak | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Jalan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) untuk menanjak masih terbuka. Berbagai faktor domestik bisa menjadi pengungkitindeks saham. Satu di antaranya adalah publikasi laporan keuangan tahun 2011 yang mulai berlangsung akhir Januari ini.

Ariston Tjendra, Kepala Riset Monex Investindo Futures, menuturkan, investor menanti laporan kinerja emiten-emiten blue chips yang memiliki nilai kapitalisasi besar di pasar. Sektor perbankan menjadi fokus para pemodal.

Kinerja tiga emiten bank yang paling ditunggu adalah Bank Central Asia Tbk (BBCA), Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan Bank Mandiri Tbk (BMRI). "Laporan kinerja emiten bank memiliki peran besar untuk mendongkrak IHSG," kata dia, kemarin (29/1).

Managing Research Indosurya Asset Management, Reza Priyambada menambahkan nama beberapa emiten yang pelaporannya akan mendorong naik indeks. Mereka adalah PT Astra International Tbk (ASII), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), serta PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS.

Sentimen positif di musim pelaporan kinerja keuangan tahunan seperti sekarang, bertambah kencang dengan pengumuman rencana pembagian dividen. "Para investor telah siap mengambil posisi beli saham emiten yang mencatatkan performa baik pada 2011," kata pengamat pasar modal Stefanus P. Susanto.

Tapi, Satrio Utomo Kepala Riset Universal Broker Indonesia, mengingatkan, euforia laporan kinerja pekan ini bakal dibayangi aksi profit taking. Maklum, IHSG sebulan ini sudah naik cukup tinggi. Sejak awal Januari, IHSG sudah naik 4,65%.

Satrio memprediksi pekan ini IHSG akan bergerak mix di kisaran 3.950-4.050. Senin (30/1), ia mengindikasikan IHSG bergerak bearish dalam kisaran yang sempit, antara 3.970 hingga 4.000.

Sedang, Stefanus memperkirakan IHSG hari ini cenderung menguat di kisaran 3.970-4.015. Pada musim laporan keuangan seperti sekarang, ia memperkirakan IHSG akan bergerak di atas 4.000.

Hitungan Ariston, hingga pertengahan Februari IHSG mampu menembus angka 4.070. "Namun sepekan ini IHSG akan konsolidasi dan laju tertahan adanya aksi ambil untung," ujar dia.

Enam dari 10 analis yang disurvei KONTAN memprediksi IHSG hari ini berpotensi bullish. Sedangkan empat analis melihat IHSG dalam tren bearish.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×