kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini isi racikan reksadana baru Quant Investa Saham


Rabu, 10 Desember 2014 / 22:44 WIB
Ini isi racikan reksadana baru Quant Investa Saham
ILUSTRASI. Badan Legislasi (Baleg) DPR RI tengah menyusun RUU tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.


Reporter: Narita Indrastiti | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Produk baru reksadana makin semarak. Kini giliran PT Quant Kapital Investama yang meluncurkan produk baru reksadana saham bertajuk Quant Investa Saham. Produk ini sudah mulai bisa dibeli sejak hari ini, Rabu (10/12). 

Nilai minimum investasi awal di produk ini adalah Rp 200.000. Sementara minimum penambahan investasi (top-up) sebesar Rp 100.000. Vice President Investment Quant Kapital Investama Hans Kwee mengatakan, strategi portofolio produk ini mengikuti perkembangan pasar dan memanfaatkan market timing.

Sesuai jenisnya, sebesar 80%-98% portofolio dari produk ini diletakkan di instrumen saham. Sementara sisanya sebesar 2%-20% diletakkan di instrumen pasar uang. Saham yang dipilih adalah 30 saham bluechip terutama yang bergerak di sektor infrastruktur. Quant Kapital memprediksi produk ini bisa tumbuh di atas return IHSG yang tumbuh sekitar 20% di tahun depan. "Return produk ini bisa mencapai 25% hingga 30% per tahun," ujarnya di Jakarta, Rabu (10/12).

Hans membocorkan, pilihan saham yang diramu untuk produk ini diantaranya saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT PP Tbk (PTPP), PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), dan PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk (INTP). "Dalam jangka panjang, sektor yang akan tumbuh adalah sektor konstruksi dan infrastruktur. Sehingga bobot untuk sektor konstruksi sebesar 10%-20%, dan infrastruktur sekitar 30%," kata dia. 

Hans juga mengatakan, karena memanfaatkan timing, akan ada rotasi sektoral sehingga produk ini lebih fleksibel. Ia mencontohkan, jika valuasi IHSG sudah mahal, porsi efek saham Quant Investa Saham bisa diturunkan hingga 80% dari dana kelolaan. Jika sentimen baru menggerakkan pasar saham, alokasi portofolio ditingkatkan ke 98%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×