kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gerak euro positif


Senin, 25 September 2017 / 06:06 WIB
Gerak euro positif


Reporter: Nathania Pessak, RR Putri Werdiningsih | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - Data ekonomi Eropa yang positif berhasil mengangkat performa euro di hadapan mata uang lainnya. Pada akhir pekan lalu (24/9), pasangan kurs EUR/USD menguat 0,08% dari hari sebelumnya menjadi 1.1951. Pairing EUR/GBP menguat 0,66% menjadi 0,8850. 

Euro menguat berkat rilis data ekonomi yang positif. Indeks belanja manajer perusahaan manufaktur di Jerman yang dirilis pekan lalu mencapai 60,6. Posisi ini naik dari level bulan sebelumnya yang cuma 59,3. Indeks belanja manajer perusahaan jasa juga naik dari 53,5 jadi 55,5. Selain di Jerman, kondisi ekonomi di Prancis juga membaik.

Selain itu, penguatan EUR/USD juga disokong pernyataan optimistis dari Gubernur ECB Mario Draghi terkait rencana tapering off pada Oktober mendatang. "Karena itu euro bisa melanjutkan penguatan," ujar Analis Global Kapital Investama Alwi Assegaff, akhir pekan lalu (22/9).

Selain itu, Alwi bilang, kurs dollar AS sulit menguat lantaran tertekan sentimen negatif provokasi dari Korea Utara yang mengancam akan melakukan ujicoba bom hidrogen. Sentimen gopolitik ini membuat pasar mengacuhkan data-data ekonomi AS yang sejatinya cukup positif. Misal, klaim pengangguran turun dari 282.000 menjadi 259.000. Sedang indeks manufaktur naik dari 52,8 menjadi 53. Pernyataan The Fed yang bernada hawkish harusnya juga positif bagi dollar.

Data-data ekonomi kawasan pengguna kurs euro yang membaik juga membuat EUR menguat terhadap GBP. Meski pada Minggu (24/9) lalu di Jerman tengah berlangsung pemilihan umum, tetapi hajatan politik ini rupanya tak banyak mempengaruhi euro. "Euro kembali menguat meskipun ada sentimen dari pemilu Jerman," ujar Anthonus Edyson, analis Astronacci International.

Kanselir Jerman Angela Merkel berhasil mengungguli pesaingnya, yakni pemimpin Partai Demokratik Sosial (SPD) Martin Schulz. Sedangkan dari sisi GBP minim sentimen. 

Alwi juga memprediksi penguatan pairing EUR/USD akan berlanjut hari ini. EUR akan makin kuat jika Angela Merkel, yang dianggap sebagai sosok market friendly,  bisa memenangi pemilihan umum di Jerman.

Meski begitu, euro melemah 0,35% menjadi 133,84 terhadap yen. Menurut Research & Analyst Monex Investindo Futures Putu Agus Pransuamitra, hal ini terjadi karena ketegangan geopolitik AS dan Korut membuat permintaan safe haven meningkat. Investor memilih memegang dollar AS. Pelaku pasar juga tengah mengantisipasi hasil pemilihan umum Jerman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×