kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bursa saham bergejolak, kinerja reksadana melempem


Rabu, 01 Juli 2015 / 19:43 WIB
Bursa saham bergejolak, kinerja reksadana melempem


Reporter: Wahyu Satriani | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. Kinerja reksadana sepanjang semester I melempem. Infovesta Utama mencatat rata-rata kinerja reksadana saham minus 9,55% secara year to date (YTD) Juni 2015.

Kinerja tersebut kalah dibandingkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang minus 6,05% pada periode yang sama. Sepanjang bulan Juni, reksadana saham juga minus 7,17% atau di bawah IHSG yang minus 5,86%.

Sementara itu, rata-rata kinerja campuran secara YTD juga minus 4,4%. Rata-rata reksadana pendapatan tetap hanya membagikan return 1,86% secara YTD.

Reksadana saham Treasure Fund Super Maxxi kelolaan PT Treasure Fund Investama mencatat kinerja paling jeblok minus 19,99% secara YTD. Disusul Mandiri Investa Ekuitas Dinamis yang juga berkinerja buruk minus 18,88%. Menilik fund factsheet Mei, produk kelolaan Mandiri Manajemen Investasi ini agresif menempatkan portfolio di saham sebesar 94,45% dan sisanya sebesar 5,55% di pasar uang.

Adapun saham yang menjadi pilihan antara lain saham Alam Sutra Realty, Elnusa serta Mitra Keluarga Karya Sehat. Lalu, saham Panin Life dan PP Persero.

Analis Infovesta Utama Viliawati mengatakan kurang moncernya kinerja reksadana dipengaruhi oleh underlying assetnya seperti saham, obligasi maupun pasar uang yang tertekan akibat kondisi perekonomian domestik dan global.

Memburuknya kondisi perekonomian mulai terjadi pada kuartal II ditandai dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi dan kinerja laporan keuangan emiten. Ditambah lagi dengan melonjaknya inflasi, berlanjutnya pelemahan nilai tukar serta dana asing yang terus keluar dari pasar modal domestik.

"Mengakibatkan tekanan pada bursa saham dan obligasi yang berimbas pada terkoreksinya kinerja reksadana," ujar Vilia, Jakarta, Rabu (1/7).

Kondisi tersebut berlanjut hingga sepanjang Juni sejumlah sentimen negatif seperti melonjaknya rilis data inflasi bulan Mei, tekanan jual asing serta belum adanya kesepakatan mengenai penyelesaian kasus utang Yunani menjadi pemberat kinerja bursa saham dan reksadana saham selama bulan Juni.

Padahal di awal tahun, sentimen positif seperti melandainya inflasi, dikucurkannya stimulus Bank Sentral Eropa, penurunan suku bunga, serta masuknya aliran dana asing ke pasar modal domestik menjadi penopang kinerja reksadana yang sempat kinclong.

"Saat bursa saham volatile, kinerja reksadana saham cenderung lebih rendah ketimbang IHSG karena memiliki karakter lebih agresif," ujar Vilia.

Koreksi pada surat utang negara (SUN) sejak akhir kuartal I juga memicu melemahnya kinerja reksadana campuran dan pendapatan tetap. Di sisi lain, alokasi portfolio pada obligasi korporasi kurang mengangkat kinerja reksadana.

Direktur Panin Asset Management Ridwan Soetedja mengakui minusnya kinerja reksadana saham disebabkan oleh kinerja saham yang turun akibat kebijakan dan peraturan baru. Sejumlah saham yang menjadi pemberat kinerja reksadana merupakan saham sektor properti serta consumer goods. "Seperti di properti yang memberlakukan aturan pajak baru sehingga memperberat sektor tersebut," ujar Ridwan.

Kendati demikian, Panin belum akan mengubah strategi pemilihan sektor saham. Ridwan mengatakan akan mengambil sektor saham keuangan, properti dan infrastruktur hingga akhir tahun. Perusahaan hanya memperbesar porsi kas untuk mengurangi fluktuasi. "Porsi kas kami perbesar dari 10% menjadi 17%," ujarmya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×