kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WIKA cari teman di kawasan industri Makassar


Minggu, 04 September 2016 / 21:16 WIB
WIKA cari teman di kawasan industri Makassar


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) melalui anak usahanya PT Wika Realty tengah mencari mitra strategis untuk mengembangkan kawasan industri di Makasar seluas 81 hektare (ha).

Suradi Wongso, Sekretaris Perusahaan WIKA mengatakan saat ini tengah menjajaki kerjasama dengan beberapa calon partner yang berasal dari lokal dan luar negeri. "Satu calon partner berasal dari China. Ini sedang dalam proses due diligence dan ditargetkan tercapai kesepakatan tahun 2016 ini," katanya pada KONTAN, baru-baru ini.

Menurut Suradi, rencana pengembangan kawasan industri tersebut merupakan startegi WIKA untuk terus melakukan diversifikasi usaha. Ia bilang, pihaknya tidak tidak akan fokus pada pada pengembangan satu bisnis saja untuk mengantisipasi jika satu lini bisnis yang digarap perseroan mengalami perlambatan.

Nantinya, kawasan industri tersebut akan dikembangkan partner bersama Wika Realty sebagai anak usaha WIKA yang fokus pada bisnis properti.

Sebelumnya, Widyo Praseno, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis Wika Realty mengatakan pihaknya menargetkan partner untuk pengembangan kawasan industri tersebut sudah dapat pada Oktober tahun ini.

Selain di Makasar, WIKA juga membidik pengembangan kawasan industri di wilayah lain. Suradi mengungkapkan, pihaknya telah mengajukan untuk bisa ikut mengembangkan kawasan Industri Kuala Tanjung seluas 3.000 ha.

Untuk memperkuat Wika Realty dalam melakukan ekpansi, WIKA akan menyuntikkan modal lebih dari Rp 500 miliar pada anak usahanya tersebut. Pemberian tambahan modal tersebut direncanakan akan dilakukan pada September 2016 ini.

Suntikan modal diharapkan akan semakin memperbesar aset portofolio Wika Realty sebelum melakukan penawaran umum saham perdana (Initial Public Offering/IPO) awal tahun 2017.

Selain tengah mencari mitra mengembangkan kawasan industri Makassar, Wika Realty juga memiliki banyak rencana ekspansi tahun ini. Salah satunya akan mengakuisisi 51% saham perusahaan pemilik konsensi dan Build-Operate-Transfer (BOT) pasar Bendungan Hilir di atas lahan seluas 1,8 ha.

Lahan tersebut merupakan milik Pemda DKI melalui PD Pasar Jaya dan nantinya akan dikembangkan menjadi Benhil Central Mix Use yang terdiri dari trade center, Life Style, Hotel dan perkantoran.

Due diligen akusisi saham kontraktor proyek tersebut sudah dilakukan sejak tahun lalu dan ditargetkan akan rampung bulan ini.

Wika Realty akan meluncurkan sejumlah proyek baru serta terus memperkuat pengadaan lahan baik lewat akuisisi maupun dengan kerjasama.

Per Mei 2016, jumlah lahan cadangan Wika Realty mencapai 227 hektare (ha). Sebagian besar berada di luar Jabodetabek seperti di Makassar 81 ha, Pelabuhan Ratu Jawa Barat 50 ha, dan Samarinda 56 ha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×