kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Waskita Beton (WSBP) akan menawarkan obligasi Rp1,5 triliun pada kuartal keempat


Selasa, 20 Agustus 2019 / 13:35 WIB

Waskita Beton (WSBP) akan menawarkan obligasi Rp1,5 triliun pada kuartal keempat
ILUSTRASI. Batching Plant Waskita Beton Precast

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) berencana akan menerbitkan obligasi tahap II. Ada pun jumlah obligasi yang akan diterbitkan sebesar Rp 1,5 triliun.

Sekretaris Perusahaan Waskita Beton Precast Fathia Syafurah mengatakan, total obligasi yang ditawarkan pada Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) I mencapai Rp 2 triliun.

Baca Juga: Realisasi kontrak baru 31,7%, Waskita Beton (WSBP) tidak revisi target

Sebelumnya, Dana Obligasi Berkelanjutan tahap I IWSBP telah cair sebesar Rp 500 miliar pada 5 Juli 2019 dan telah dicatat oleh BEI pada 8 Juli 2019. Sebanyak 40% dari hasil penerbitan obligasi tahap I digunakan sebagai modal kerja dan 60% sisanya digunakan sebagai investasi pembangunan pabrik yang rencananya akan dibangun di Penajam serta investasi penambahan kapasitas pabrik yang sudah ada di daerah Bojonegara dan Gasing.

Dengan penerbitan obligasi tahap I, WSBP masih memiliki jatah penerbitan Rp 1,5 triliun. "Sisanya Rp 1,5 triliun rencananya akan langsung seluruhnya ditawarkan," ungkap Fathia saat ditemui usai acara Public Expose Live 2019 WSBP di Bursa Efek Indonesia, Selasa (20/8).

Baca Juga: Emiten Konstruksi BUMN Cari Strategi Menjaga Arus Kas Tetap Positif

Adapun penawaran obligasi ini akan dilakukan pada kuartal IV 2019. Nantinya, hasil penerbitan obligasi ini nantinya akan digunakan untuk modal kerja perusahaan (working capital) dan belanja modal (capital expenditure).

Untuk persentase dan proporsi penggunaan hasil obligasi, Fathia mengaku hal tersebut masih dalam proses pertimbangan perusahaan."Persentase penggunaannya masih belum kami masukkan. Nanti akan kami informasikan kembali," tutup Fathia.

Baca Juga: Enggak peduli perubahan konstituen indeks, Lo Kheng Hong punya daftar saham sendiri

Kontan.co.id mencatat, Fitch Rating memasukkan obligasi yang diterbitkan oleh WSBP ke peringkat BBB+ atau termasuk ke dalam investment grade.

Ini menunjukkan WSBP dianggap memiliki kemampuan yang cukup dalam melunasi utangnya, sehingga investor dapat berinvestasi dengan aman. Selain itu, jaminan obligasi WSBP berbentuk tanpa jaminan khusus (clean basis).


Reporter: Akhmad Suryahadi
Editor: Wahyu Rahmawati

Video Pilihan


Close [X]
×