kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,26   1,51   0.17%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street rebound, Dow naik 300 poin pasca dilanda aksi jual terbesar 3 bulan


Jumat, 29 Januari 2021 / 05:41 WIB
Wall Street rebound, Dow naik 300 poin pasca dilanda aksi jual terbesar 3 bulan
ILUSTRASI. Wall Street


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Wall Street berakhir naik pada perdagangan Kamis (28/1), rebound dari penurunan tajam pada sesi sebelumnya. Akibat aksi jual yang membuat S&P 500 dan Dow Jones Industrial Average mengalami penurunan terburuk dalam tiga bulan.

Melansir Reuters, indeks Dow Jones Industrial Average naik 300,19 poin atau 0,99% menjadi 30.603,36, S&P 500 naik 36,61 poin atau 0,98% menjadi 3.787,38, dan Nasdaq Composite bertambah 66,56 poin, atau 0,5%, menjadi 13.337,16.

Semua 11 sektor indeks S&P 500 ditutup hijau di tengah reli pasar yang luas. Keuangan dan material - sektor siklikal yang sensitif terhadap pemulihan ekonomi - masing-masing melonjak 1,9% dan 1,8%. Industri dan perawatan kesehatan juga memimpin kenaikan.

Saham kelas berat, termasuk Microsoft Corp, Amazon.com, dan Alphabet Inc, termasuk di antara pendorong terbesar ke S&P 500.

Baca Juga: Fenomena saham GameStop, bagaimana investor ritel bisa menekuk para hedge fund?

Saham Apple melaporkan penjualan dan laba kuartal liburan yang mengalahkan ekspektasi Wall Street. Namun, saham pembuat iPhone tersebut turun 3,50% setelah naik sekitar 7% untuk memulai tahun.

Dengan musim pendapatan triwulanan yang berjalan lancar, para pelaku pasar telah melihat apakah perusahaan dapat membenarkan penilaian tinggi, dengan rasio harga-ke-pendapatan ke depan pada indeks acuan S&P mendekati tertinggi 20 tahun di hampir 22,7.

“Pada umumnya kejutannya positif, bahkan lebih dari biasanya dan pada umumnya perusahaan besar menunjukkan leverage operasi yang positif di mana mereka dapat meningkatkan pendapatan sedikit lebih cepat daripada kemampuan mereka untuk meningkatkan pendapatan,” kata Ellen Hazen, portofolio manager di FLPutnam Investment Management di Wellesley, Massachusetts.

"Ini masih hari-hari awal di mana kami hanya sepertiga dari S&P tetapi kejutan terlihat lebih positif dari biasanya dan itu menjadi pertanda baik bagi prospek ekonomi dan pasar."

Dari 159 perusahaan di S&P 500 yang melaporkan pendapatan hingga Kamis pagi, 83% membukukan hasil yang melampaui ekspektasi analis, menurut data Refinitiv, jauh di atas tingkat mengalahkan 76% selama empat kuartal terakhir.

Pasar mengalami penurunan tajam di sesi sebelumnya, Rabu (27/1) dengan S&P 500 dan Dow membukukan penurunan satu hari terbesar sejak Oktober, karena hiruk-pikuk spekulatif membeli saham jangka pendek membuat investor tetap gelisah.

Beberapa khawatir bahwa dana lindung nilai yang diperas dapat dipaksa untuk mengurangi kepemilikan ekuitas mereka untuk mengumpulkan uang tunai. Yang lain menyebutnya sebagai tanda gelembung yang terbentuk di pasar.

Baca Juga: Wall Street melesat tinggi, mengabaikan data ekonomi yang buruk

Saham GameStop Corp dan AMC Entertainment Holdings Inc jatuh lebih dari 40% setelah kenaikan meteorik dalam sesi terakhir dalam hiruk-pikuk perdagangan yang didorong oleh media sosial yang mengguncang pasar saham.

Platform perdagangan, termasuk Robinhood dan Broker Interaktif, membatasi perdagangan di beberapa saham yang melonjak minggu ini, mengurangi kekhawatiran tentang efek riak ke pasar yang lebih luas.

“Platform perdagangan tidak akan mau bersusah payah dan berada di garis depan dari apa yang mereka anggap sebagai perang sembrono, sebagian, melawan elit dan sistem Wall Street yang sedang didemokratisasi oleh informasi dan media sosial, ”Kata Eric Schiffer, kepala eksekutif perusahaan ekuitas swasta Patriarch Organization.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×