kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Naik, S&P 500 Menghentikan Penurunan 5 Sesi Setelah Pernyataan Powell


Kamis, 16 Juni 2022 / 05:59 WIB
Wall Street Naik, S&P 500 Menghentikan Penurunan 5 Sesi Setelah Pernyataan Powell
ILUSTRASI. Wall Street


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Indeks S&P 500 ditutup naik pada hari Rabu (15/6), mengakhiri penurunan lima sesi sebelumnya. Menyusul pengumuman Federal Reserve yang menaikkan suku bunga ke ekspektasi pasar karena bank sentral berusaha untuk melawan kenaikan inflasi tanpa memicu resesi.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 303,7 poin atau 1% menjadi 30.668,53, S&P 500 naik 54,51 poin atau 1,46% menjadi 3.789,99, dan Nasdaq Composite bertambah 270,81 poin atau 2,5% menjadi 11.099,16.

Federal Reserve menaikkan suku bunga targetnya sebesar tiga perempat poin persentase, kenaikan suku bunga terbesar sejak 1994, dan memproyeksikan ekonomi yang melambat dan meningkatnya pengangguran pada bulan-bulan mendatang.

Ekuitas bergejolak setelah pengumuman, sebelum jelas berbalik lebih tinggi setelah Ketua Jerome Powell mengatakan dalam konferensi persnya bahwa 50 basis poin atau 75 basis poin kemungkinan besar pada pertemuan berikutnya di bulan Juli tetapi dia tidak mengharapkan kenaikan 75 basis poin menjadi umum.

Baca Juga: Perangi Inflasi, Bunga The Fed Naik 75 Basis Poin Jadi 1,5%-1,75%

"Begitu ketua Fed mengatakan bahwa mungkin ada kenaikan serupa 75 basis poin pada pertemuan berikutnya, saat itulah pasar naik," kata Sam Stovall, kepala analis investasi CFRA Research di New York.

"Ini semacam mosi percaya bahwa The Fed akhirnya sadar akan masalah inflasi dan bersedia mengambil sikap yang lebih agresif."

Penurunan beruntun lima sesi untuk S&P 500 adalah yang terpanjang sejak awal Januari.

Investor dengan cepat meningkatkan ekspektasi mereka bahwa bank sentral akan menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin (bps) selama beberapa hari terakhir menyusul pembacaan harga konsumen yang lebih kuat dari perkiraan pada hari Jumat.

Sebelumnya telah diantisipasi secara luas bahwa The Fed akan mengumumkan kenaikan 50 bps, perubahan cepat dalam ekspektasi yang telah memicu aksi jual di pasar dunia.

Memicu ekspektasi kenaikan yang lebih besar adalah perubahan perkiraan oleh analis di bank-bank besar, termasuk di JP Morgan dan Goldman Sachs, yang keduanya memproyeksikan kenaikan suku bunga 75 bps oleh The Fed. Investor sejak itu bergegas untuk menentukan harga kembali taruhan mereka.

Tumbuhnya kekhawatiran tentang lonjakan inflasi, biaya pinjaman yang lebih tinggi, pertumbuhan ekonomi yang melambat, dan pendapatan perusahaan telah membuat ekuitas di bawah tekanan untuk sebagian besar tahun ini.

Pada hari Senin, S&P 500 menandai penurunan lebih dari 20% dari rekor penutupan tertinggi terbaru, mengkonfirmasikan bear market dimulai pada 3 Januari, menurut definisi yang umum digunakan.

Data ekonomi sebelumnya pada hari Rabu menunjukkan penjualan ritel AS secara tak terduga turun 0,3% pada Mei karena pembelian kendaraan bermotor menurun di tengah kekurangan dan rekor harga bensin yang tinggi menarik pengeluaran dari barang-barang lain, jauh dari ekspektasi yang menyerukan kenaikan 0,2%.

Baca Juga: Wall Street Dibuka Menguat Lebih dari 1 % Jelang Keputusan Suku Bunga The Fed

"Sebagian besar poin data tambahan negatif, bahkan pagi ini angka penjualan ritel melemah sehingga hanya dalam empat hari kerja terakhir Anda memiliki sejumlah angka ekonomi negatif," kata Ellen Hazen, kepala analis pasar, F.L.Putnam Manajemen Investasi di Wellesley, Massachusetts.

Di antara saham individu, Citigroup naik 3,52% sebagai salah satu yang berkinerja terbaik di indeks bank S&P 500 yang naik 1,60%. Nucor Corp naik 2,41% setelah memperkirakan laba kuartal saat ini yang optimis karena permintaan baja yang kuat.

Saham Boeing Co melonjak 9,46% setelah China Southern Airlines Co Ltd melakukan penerbangan uji dengan pesawat 737 MAX untuk pertama kalinya sejak Maret, sebagai tanda kembalinya jet di China bisa mendekati karena permintaan rebound.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×