kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,58   -2,96   -0.33%
  • EMAS1.324.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Menguat Menjelang Akhir Pekan, Inflasi AS Lebih Lemah Daripada Prediksi


Jumat, 22 Desember 2023 / 22:36 WIB
Wall Street Menguat Menjelang Akhir Pekan, Inflasi AS Lebih Lemah Daripada Prediksi
ILUSTRASI. ?Wall Street menguat menjelang tutup pekan ini.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street menguat menjelang tutup pekan ini. Jumat (22/12) pukul 22.28 WIB, Dow Jones Industrial Average naik 0,28% ke 37.509. Indeks S&P 500 menguat 0,49% ke 4.769. Nasdaq Composite menguat 0,46% ke 15.033. 

Angka inflasi utama Amerika Serikat (AS) lebih lemah dari perkiraan, meningkatkan optimisme investor baru-baru ini bahwa Federal Reserve dapat menurunkan biaya pinjaman tahun depan.

Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE), yang dianggap sebagai ukuran inflasi pilihan The Fed, naik 2,6% pada bulan November secara tahunan. Angka PCE ini lebih rendah jika dibandingkan dengan ekspektasi kenaikan 2,8%, menurut ekonom yang disurvei oleh Reuters.

Angka inflasi inti, tidak termasuk komponen pangan dan energi yang mudah menguap, naik 3,2% pada skala tahunan, dibandingkan dengan perkiraan kenaikan sebesar 3,3%.

Baca Juga: IHSG Menguat 0,65% Dalam Sepekan, Intip Review di Pekan Ini

“Data hari ini jelas lebih baik dan tren inflasi terus berlanjut ke arah yang benar, baik Anda melihat PCE utama atau PCE inti,” kata Art Hogan, kepala strategi pasar di B Riley Wealth kepada Reuters.

Namun laporan lain menunjukkan barang tahan lama naik 5,4% di bulan November, lebih kuat dari perkiraan kenaikan 2,2%.

“(Barang tahan lama) masih dalam kontraksi, jadi kabar baik apa pun berarti kita pada akhirnya keluar dari resesi,” tambah Hogan.

Analis juga mengatakan volume perdagangan yang sedikit menjelang liburan Natal juga berdampak pada perdagangan hari ini.

Baca Juga: Bursa Asia Kompak Menguat di Pagi Ini (22/12), Didukung Reli Wall Street

Pedagang melihat peluang sebesar 82,5% untuk penurunan suku bunga setidaknya 25 basis poin (bps) pada bulan Maret tahun depan, dan memperkirakan biaya pinjaman akan lebih rendah sebesar 125 bps pada bulan September 2024, menurut CME FedWatch.

S&P 500 dan Nasdaq ditutup menguat lebih dari 1% pada hari Kamis setelah data mengisyaratkan pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal ketiga tidak sekuat yang dinyatakan semula, membawa indeks acuan hampir 1% dari rekor penutupan tertingginya.

Ketiga indeks tersebut bersiap untuk berada di zona hijau selama delapan minggu berturut-turut, dengan S&P 500 mencatatkan kenaikan mingguan terpanjang sejak 2017, serta Nasdaq dan Dow sejak 2019.

Reli mendapatkan momentum minggu lalu setelah bank sentral mengakui bahwa inflasi mendekati tingkat target, sehingga penurunan suku bunga menjadi “perhatian”.

Sementara itu, komponen Dow, Nike, anjlok 11,4% dalam perdagangan pra-pasar setelah pembuat pakaian olahraga tersebut memangkas perkiraan penjualan tahunannya karena belanja konsumen yang berhati-hati, bisnis online yang lebih lemah dan lebih banyak promosi, dan mengatakan pihaknya berencana untuk mengurangi pasokan lini produk utama untuk mengelola biaya.

Baca Juga: Kondisi Pasar Saham di 2024 Diprediksi Lebih Cerah Dibandingkan Tahun Ini

Saham perusahaan pakaian olahraga lainnya seperti Lululemon Athletica, Foot locker, dan Dick's Sporting Goods turun antara 1,9% dan 7,2%.

Di antara saham-saham penggerak lainnya, saham perusahaan game Tiongkok NetEase dan Bilibili yang terdaftar di AS masing-masing anjlok 20,4% dan 10,2%, setelah regulator Tiongkok mengumumkan berbagai peraturan yang bertujuan membatasi pengeluaran dan imbalan yang mendorong video game.

Occidental Petroleum bertambah 1,0% setelah Berkshire Hathaway yang dipimpin Warren Buffett meningkatkan kepemilikannya di perusahaan minyak tersebut, menjadikannya mendekati 28%.

Karuna Therapeutics melonjak 47,7% setelah Bristol Myers Squib setuju untuk membeli pembuat obat skizofrenia itu seharga $14 miliar secara tunai. Saham Bristol turun 0,3%.

Pasar akan tetap tutup pada hari Senin, 25 Desember, karena libur Natal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×