kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Wall Street melambung di akhir perdagangan Kamis


Jumat, 28 Desember 2018 / 05:59 WIB

Wall Street melambung di akhir perdagangan Kamis


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street menghijau menjelang penutupan perdagangan meski sepanjang hari Kamis (27/12) berada di area merah. Alhasil, pasar saham menguat dalam dua hari. Dow Jones Industrial Average naik 1,14% ke 23.138.

Indeks S&P menguat 0,86% ke 2.488. Nasdaq Composite menguat 0,38% ke level 6.579. Seluruh indeks Wall Street menghijau dua hari menjelang tutup tahun 2018.

"Pasar saham saat ini berada dalam kegilaan psikologis, dari sisi baik dan buruk. Ada kekhawatiran pasar turun tapi ada kekhawtiran kehilangan momentum rebound," kata David Katz, chief investment officer Matrix Asset Advisors kepada Reuters.

Awalnya, pasar saham diramal turun setelah lonjakan lebih dari 1.000 poin pada indeks Dow Jones pada Rabu (27/12). Hampir secara bersamaan, pasar saham seluruh sektor menguat pada pukul 14.30 waktu setempat, setelah indeks S&P 500 turun di bawah 2.400.

Level ini terus diuji pada beberapa hari perdagangan terakhir. Dari titik terendah harian itu, indeks menguat 3,8% ke level tertinggi dalam sepekan. "Dalam jangka pendek, aksi jual sudah terlalu banyak. Ketika pasar rally pada perdagangan kemarin dan turun di awal perdagangan, pembeli kembali lagi menjelang tutup pasar," kata Rick Meckler, partner Cherry Lane Investments.

Sejumlah penggerak pasar yang bisa memengaruhi bursa antara lain update perang dagang AS-China, potensi perlambatan laba korporasi AS dan kekhawatiran akan kesehatan ekonomi global hingga tahun depan.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati
Video Pilihan


Close [X]
×