kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street berseri, ditopang kenaikan saham Boeing dan harapan obat virus corona


Sabtu, 18 April 2020 / 04:41 WIB
Wall Street berseri, ditopang kenaikan saham Boeing dan harapan obat virus corona
ILUSTRASI. Bursa AS


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Wall Street ditutup menguat pada akhir perdagangan Jumat (17/4) dan mencetak keuntungan pada pekan ini, didorong oleh lonjakan saham Boeing siring rencana Presiden AS Donald Trump untuk membuka kembali ekonomi yang terpukul akibat virus corona dan harapan obat potensial oleh Gilead untuk mengobati Covid-19.

Indeks Dow Jones Industrial Averaga naik 704,81 poin atau 2,99% ke 24.424,49, S&P 500 naik 75,01 poin atau 2,68% ke 2.874,56 dan Nasdaq Composite naik 117,78 poin atau 1,38% ke 8.650,14.

Selama sepekan, Dow Jones naik 2,2% dan S&P 500 naik 3%. Sementara Nasdaq naik 6,1% selama sepekan dan mencatat kenaikan persentase dua minggu terbesar sejak tahn 2001.

Baca Juga: Wall Street terangkat rencana Trump dan potensi obat virus corona

Mengutip Reuters, Jumat (17/4), saham Boieng melonjak hampir 15% didukunh rencana untuk memulai kembali produksi pesawat komersial di negara bagian Washington setelah bulan lalu operasionalnya terhenti akibat pandemi Covid-19.

Saham Gilead Sciences Inc melonjak hampir 10% setelah sebuah laporan bahwa pasien dengan gejala Covid-10 yang parah telah merespons positif obat eksperimental remdesivir.

Laporan tersebut mengutip data parsial dari rumahsakit Universitas Chicago, satu dari 152 lokasi yang berpartisipasi dalam uji coba.

Tanpa perawatan atau vaksin yang saat ini disetujui untuk virus corona, berita itu membantu mengangkat pasar saham global. Tetapi Gilead mengatakan totalitas data dari uji coba perlu dianalisis dan diharapkan melaporkan hasil penelitian yang menguji obat pada pasien Covid-19 yang parah pada akhir April.

"Jika Anda akhirnya bisa mendapatkan perawatan yang kuat sebagai pengganti vaksi dalam beberapa bulan ke depan, itu akan baik untuk stok siklus, apapun yang sensitif secara ekonomi," jelas R.J Grant, kepala perdagangan Keefe, Bruyette & Woods New York seperti dikutip Reuters.

Beberapa negara bagian AS diharapkan mulai mengumumkan jadwal untuk mencabut batasan. Pada hari Kamis, Trump meluncurkan tiga tahap pedoman pencabutan pembatasan pada bisnis dan kehidupan sosial untuk mencegah penyebaran pandemi.

"Pedoman pembukaan kembali ekonomi (pencabutan lockdown) memberikan beberapa harapan dan optimisme untuk orang-orang dan pasar di seluruh perekonomian. Ini adalah awal," kata Gary Bradshaw, manajer portofolio Hodges Capital Management seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Trump beberkan tiga fase perdoman untuk pelonggaran lockdown bagi negara bagian

Saham bank rebound setelah empat hari berturut-turut melorot dipicu oleh laporan kreditur tentang cadangan beberapa miliar dolar untuk menutup kemungkinan gagal bayar. 

Indeks keuangan S&P 500 naik 5,4% sedangkan indeks energi S&P melonjak 10,4%.

Volume transaksi perdagangan saham di bursa AS mencapai 12,75 miliar saham dengan rata-rata 13,72 miliar saham dalam 20 hari perdagangan terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×