kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street beragam, S&P 500 ditutup naik setelah komentar Powell menenangkan pasar


Kamis, 15 Juli 2021 / 05:36 WIB
Wall Street beragam, S&P 500 ditutup naik setelah komentar Powell menenangkan pasar
ILUSTRASI. Wall Street


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks acuan S&P 500 berakhir naik setelah sempat mencapai rekor intra-hari dalam sesi perdagangan berombak Rabu (14/7). Investor menyeimbangkan kekhawatiran tentang inflasi dengan komentar meyakinkan dari Gubernur The Fed Jerome Powell.

Melansir Reuters, indeks acuan Dow Jones Industrial Average naik 0,13% menjadi 34.933,43, S&P 500 naik 0,12% menjadi 4.374,38, dan Nasdaq Composite turun 0,22% menjadi 14.644,95.

Dari 11 indeks sektor S&P 500, utilitas, real estat, dan kebutuhan pokok konsumen termasuk yang terkuat, masing-masing naik sekitar 0,9%, sementara energi merosot sekitar 3%.

Baca Juga: Wall Street menguat, S&P 500 cetak rekor karena Powell menenangkan kekhawatiran pasar

Kebijakan moneter Amerika Serikat (AS) akan menawarkan "dukungan kuat" untuk ekonomi "sampai pemulihan selesai," kata Powell dalam sambutannya pada sidang kongres yang menggambarkan lonjakan inflasi baru-baru ini sebagai sementara dan fokus pada kebutuhan untuk pertumbuhan pekerjaan yang berkelanjutan.

Komentar Powell mengikuti data pekan ini yang menunjukkan harga produsen AS meningkat lebih dari yang diharapkan pada bulan Juni dan harga konsumen AS naik paling tinggi dalam 13 tahun.

Investor dalam beberapa pekan terakhir telah fokus pada inflasi, dengan banyak yang mengkhawatirkan kemungkinan pergeseran hawkish oleh Federal Reserve, serta lonjakan infeksi virus corona yang dapat menjatuhkan pasar saham AS dari rekor tertinggi.

Perbankan memulai musim pendapatan kuartal kedua minggu ini, analis memperkirakan pertumbuhan laba per saham 66% untuk perusahaan S&P 500, menurut perkiraan data IBES dari Refinitiv.

S&P 500 naik sekitar 16% sepanjang tahun ini, membuat banyak investor khawatir bahwa reli pasar saham mungkin kehabisan tenaga dan mereka mencari sentimen dari berita laporan pendapatan.

"Semua orang tahu laporan pendapatan akan menjadi sangat kuat. Pertanyaannya adalah bagaimana pasar bereaksi terhadap pendapatan tersebut, dan apa pandangan yang diberikan oleh manajemen. Itu lebih penting daripada apa pun," kata Tim Ghriskey, kepala strategi investasi di Inverness Counsel dalam New York.

Baca Juga: IHSG diprediksi lanjut koreksi, cermati pergerakan saham AGII, KLBF, dan ASII

Saham Apple Inc melonjak 2,4% ke rekor tertinggi setelah Bloomberg melaporkan bahwa perusahaan ingin pemasok meningkatkan produksi iPhone sekitar 20%.

Saham Microsoft naik 0,5% dan ditutup pada rekor tertinggi setelah mengatakan akan menawarkan sistem operasi Windows sebagai layanan berbasis cloud. Bertujuan untuk mempermudah mengakses aplikasi bisnis yang membutuhkan Windows dari perangkat yang lebih luas.

Microsoft dan Apple mendukung S&P 500 lebih dari saham lainnya. Bank of America Corp turun 2,5% setelah pemberi pinjaman memposting hasil kuartalannya dan merinci sensitivitasnya terhadap suku bunga rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×