kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45868,63   6,96   0.81%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall St Menahan Diri Jelang Data Inflasi, S&P 500 Ditutup Turun Tipis Senin (13/5)


Selasa, 14 Mei 2024 / 05:35 WIB
Wall St Menahan Diri Jelang Data Inflasi, S&P 500 Ditutup Turun Tipis Senin (13/5)
ILUSTRASI. A trader works inside a booth, as screens display a news conference by Federal Reserve Board Chairman Jerome Powell following the Fed rate announcement, on the floor of the New York Stock Exchange (NYSE) in New York City, U.S., May 1, 2024. REUTERS/Stefan Jeremiah


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Indeks S&P 500 ditutup sedikit lebih rendah pada hari Senin (13/5), karena investor mengambil jeda setelah tiga kenaikan mingguan.

Sementara pasar juga menunggu rilis data inflasi dan laporan pendapatan utama minggu ini di mana survei menunjukkan konsumen khawatir terhadap inflasi.

Melansir Reuters, Dow Jones Industrial Average turun 81,33 poin atau 0,21% menjadi 39.431,51, S&P 500 kehilangan 1,26 poin atau 0,02% menjadi 5.221,42, dan Nasdaq Composite naik 47,37 poin atau 0,29% menjadi 16.388,24.

Baca Juga: Wall Street Menguat Mendekati Rekor Tertinggi dengan Fokus pada Angka Inflasi

Survei Federal Reserve Bank of New York, yang dirilis pada hari Senin menemukan bahwa orang Amerika memperkirakan inflasi sebesar 3,3% setahun dari sekarang dari 3% di bulan Maret. Sementara mereka memperkirakan inflasi tiga tahun dari sekarang sebesar 2,8%.

Hal ini menyusul laporan Universitas Michigan pada hari Jumat yang menunjukkan sentimen konsumen Amerika Serikat (AS) merosot ke level terendah enam bulan pada bulan Mei karena kekhawatiran rumah tangga terhadap biaya hidup.

Pekan lalu Indeks Nasdaq Composite dan S&P 500 keduanya mencatatkan kenaikan selama tiga minggu berturut-turut.

Didorong oleh laporan pendapatan yang kuat dan tanda-tanda melemahnya pasar tenaga kerja yang memicu spekulasi satu atau dua penurunan suku bunga Federal Reserve tahun ini.

Baca Juga: Wall St Dibuka Lebih Tinggi Senin (13/5), Investor Menunggu Data Inflasi Pekan Ini

Namun pada hari Senin, para investor tampak ingin menghindari membuat taruhan besar menjelang data Indeks Harga Konsumen (CPI) bulan April yang akan dirilis pada hari Rabu (15/5).

Mereka juga akan bersiap untuk memantau data indeks harga produsen, data penjualan ritel, klaim pengangguran mingguan, dan laporan pendapatan dari pengecer besar Home Depot dan Walmart, yang semuanya akan dirilis minggu ini.

"Investor seperti seseorang yang melihat ke luar jendela dan mencoba melihat seperti apa cuaca sebelum memutuskan apa yang akan dikenakan. Hari ini dan besok akan fokus pada laporan inflasi konsumen pada hari Rabu," kata Burns McKinney, manajer portofolio di NFJ Investment Group di Dallas.

"Dalam tiga bulan terakhir, hal ini merupakan satu-satunya penggerak terbesar. Inflasi kali ini sedikit lebih kaku dari perkiraan investor. Setiap kali hal ini terjadi, investor telah meningkatkan ekspektasi penurunan suku bunga."

Anthony Saglimbene, chief market strategist di Ameriprise mengatakan "kemerosotan nyata dalam sentimen konsumen dan meningkatnya ekspektasi seputar inflasi" dari survei sentimen konsumen semakin membebani data inflasi yang akan datang.

“Saham terjebak dalam kisaran perdagangan yang sangat ketat ini sampai kita mendapatkan lebih banyak informasi mengenai tren inflasi,” kata Saglimbene.

Baca Juga: Wall Street Bergerak Datar: Dow dan S&P 500 Ditutup Menguat, Nasdaq Turun Tipis w

Harga konsumen inti diperkirakan meningkat 0,3% pada basis bulan ke bulan di bulan April dan 3,6% pada basis tahunan menurut perkiraan ekonom dalam jajak pendapat Reuters menjelang rilis hari Rabu.

Wakil Ketua Fed Phillip Jefferson mengatakan sebelumnya bahwa dia mendukung menjaga suku bunga tetap stabil sampai jelas bahwa tekanan harga sedang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×