kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

United Tractors (UNTR) Lanjut Ekspansi Panas Bumi, Siapkan Akuisisi Rp 1,26 Triliun


Rabu, 06 Maret 2024 / 11:47 WIB
United Tractors (UNTR) Lanjut Ekspansi Panas Bumi, Siapkan Akuisisi Rp 1,26 Triliun
ILUSTRASI. Lewat anak usaha, United Tractors (UNTR) bakal mengakuisisi PT Supreme Energy Rantau Dedap.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT United Tractors Tbk (UNTR) kembali menggelar agenda ekspansi. Kali ini anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) tersebut bersiap mengakuisisi perusahaan panas bumi. Aksi ini dilakukan melalui entitas usaha UNTR, PT Energia Prima Nusantara (EPN).

Lewat EPN, UNTR bakal mengakuisisi PT Supreme Energy Rantau Dedap (SERD). Corporate Secretary United Tractors, Sara K. Loebis menyampaikan bahwa aksi ini dilakukan melalui pembelian 163.136 lembar saham seri B milik MeriT Power Holdings B.V (MeriT) dan 94.313 lembar saham seri B milik Inpex Geothermal Ltd. (Inpex) yang ada di dalam SERD.

Pada 1 Maret 2024, EPN telah menandatangani perjanjian jual beli dengan MeriT, Axia Power Holdings B.V., Tohoku Power Investment Company B.V., dan Inpex untuk rencana jual beli saham di SERD. Total nilai dari transaksi ini sebesar US$ 80,69 juta atau setara dengan Rp 1,26 triliun.

"Nilai keseluruhan atas transaksi tersebut dapat berubah pada saat penyelesaian transaksi karena adanya penyesuaian atas posisi laporan keuangan saat penutupan transaksi," kata Sara dalam keterbukaan informasi, Selasa (5/3).

Baca Juga: Inilah Emiten Jumbo yang Menggaet Pendapatan Ratusan Triliun

Sara menegaskan, penyelesaian jual beli saham oleh EPN tunduk pada terpenuhinya syarat-syarat pendahuluan sebagaimana diatur dalam perjanjian jual beli, termasuk persetujuan dari pemegang saham SERD. Setelah penandatanganan perjanjian jual beli, para pihak akan menggunakan usaha yang wajar untuk melakukan pemenuhan syarat-syarat pendahuluan sebelum tanggal akhir penyelesaian yang disepakati para pihak.

"Tujuan dari penandatanganan perjanjian jual beli ini adalah untuk kelanjutan diversifikasi usaha Perseroan sebagai bagian dari strategi pertumbuhan berkesinambungan di bidang pembangkitan tenaga listrik yang menggunakan sumber energi terbarukan, khususnya panas bumi," ungkap Sara.

Sebagai informasi, PT Supreme Energy Rantau Dedap berdiri pada tahun 2008 sebagai perusahaan yang memegang Izin Panas Bumi untuk Wilayah Kerja Panas bumi (WKP) Rantau Dedap. WKP tersebut berlokasi di Kabupaten Lahat, Kabupaten Muara Enim dan Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Sementara itu, saham UNTR bergerak menguat pada perdagangan Rabu (6/3). Hingga pukul 11:31 WIB, harga UNTR naik 0,52% ke level Rp 24.250 per saham. Posisi ini mengakumulasi penguatan 7,18% jika dihitung secara year to date

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×