kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tunas Baru Lampung (TBLA) mendapat persetujuan penerbitan obligasi US$ 400 juta


Selasa, 16 Maret 2021 / 08:20 WIB
Tunas Baru Lampung (TBLA) mendapat persetujuan penerbitan obligasi US$ 400 juta


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Tunas Baru Lampung Tbk (TBLA) mendapat persetujuan dari pemegang saham untuk menerbitkan obligasi obligasi US$ 400 juta atau setara dengan Rp 5,64 triliun di bursa Singapura alias Singapore Exchange Securities Trading Limited (SGX-ST). Restu ini didapat dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang digelar pada Senin (15/3).

Terdapat 3 agenda yang dibahas dalam RUPSLB tersebut. Pertama, persetujuan atas penerbitan surat utang berdenominasi Dolar Amerika Serikat dengan jumlah pokok sebesar-besarnya US$ 400 juta oleh Perseroan atau entitas anak Perseroan, dengan bunga tetap dan akan jatuh tempo selambat-lambatnya pada tahun ketujuh sejak tanggal diterbitkan. 

Kedua, persetujuan atas rencana Perseroan untuk memberikan jaminan perusahaan (corporate guarantee) dan/atau persetujuan atas rencana Perseroan, untuk memberikan persetujuan kepada entitas anak Perseroan untuk menjaminkan seluruh atau sebagian besar asetnya. 

Ketiga, Memberikan kuasa dan wewenang dengan hak substitusi kepada Direksi Perseroan, baik secara bersama-sama maupun secara sendiri-sendiri, sesuai dengan Anggaran Dasar Perseroan, untuk melaksanakan keputusan-keputusan tersebut di atas.

Wakil Presiden Direktur TBLA, Sudarmo Tasmin bilang, ketiga agenda di atas sudah mendapat persetujuan dari pemegang saham. “Sudah disetujui semua agenda rapat,” kata Sudarmo saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (15/3).

Baca Juga: Tunas Baru Lampung (TBLA) tawarkan kupon 6%-8% untuk obligasi baru US$ 400 juta

Sedikit informasi, nilai penerbitan obligasi ini setara dengan 95,81% dari ekuitas TBLA per Desember 2020 dengan kurs pada akhir tahun lalu Rp 14.105 per dolar AS, sehingga bersifat material. Makanya, TBLA perlu meminta persetujuan rapat umum pemegang saham atas penerbitan obligasi tersebut.

Menurut Sudarmo, TBLA memilih opsi penggalangan dana melalui penerbitan obligasi dengan alasan untuk mendiversifikasi sumber pendanaan. Nantinya, dana yang didapat dari hasil penerbitan obligasi akan digunakan untuk 3 hal.

Pertama, untuk membeli kembali atau melunasi atau membayar guaranteed senior notes sebesar US$ 250 juta dengan bunga 7% yang diterbitkan TBLA International (entitas anak TBLA) dan akan jatuh tempo pada 2023. 

Kedua, TBLA juga akan menggunakan dana yang didapat untuk melunasi utang obligasi TBLA sebesar Rp 1,5 triliun yang merupakan bagian dari obligasi berkelanjutan tahap I Tunas Baru Lampung dan jatuh tempo tahun 2023 dan 2025. Berikutnya, dana hasil penerbitan obligasi juga akan digunakan untuk menurunkan utang jangka  pendek TBLA.

Rencananya, obligasi ini akan memiliki tingkat suku bunga pada rentang 6%-8%, namun kepastian mengenai tingkat suku bunga akan ditentukan pada saat bookbuilding penerbitan Obligasi Baru, dengan pertimbangan sesuai dengan tingkat suku bunga yang berlaku di pasar. 

 

Sudarmo bilang, pelaksanaan bookbuilding dan penerbitan obligasi akan menyesuaikan dengan kondisi di pasar global. “Kemungkinan di April ini,” ujar Sudarmo singkat.

Selanjutnya: Kinerja Moncer Tunas Baru Lampung (TBLA) Dibayangi Risiko Likuiditas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×