kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tren Harga Emas Melemah, Cek Proyeksi dan Dampaknya pada Logam Mulia Lainnya


Minggu, 26 Mei 2024 / 17:43 WIB
Tren Harga Emas Melemah, Cek Proyeksi dan Dampaknya pada Logam Mulia Lainnya
ILUSTRASI. Tren Harga Emas Melemah, Cek Proyeksi dan Dampaknya pada Logam Mulia Lainnya


Reporter: Nadya Zahira | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas turun ke level US$ 2.330 per ons troi, pada Jumat (24/5), setelah sebelumnya mencapai level tertinggi baru sepanjang masa di level US$ 2.450 per ons troi. 

Berdasarkan data Trading Economics, Minggu (26/5), harga emas spot naik tipis 0,06% ke US$ 2.333 per ons troi. Sedangkan dalam sepekan harga emas turun 0,08%.

Pengamat komoditas dan Founder Traderindo.com, Wahyu Tribowo Laksono mengatakan, adanya pelemahan harga emas saat ini tidak mempengaruhi harga logam mulia lainnya seperti perak dan platinum, meski sama-sama sebagai aset lindung nilai (safe haven). Pasalnya, tren penurunan emas ini hanya bersifat sementara.

Baca Juga: Harga Emas dalam Tren Melemah, Bagaimana dengan Harga Logam Mulia Lainnya?

Wahyu menjelaskan, sentimen yang membuat harga emas turun karena investor mengurangi ekspektasi penurunan suku bunga Fed menyusul rilis ekonomi AS baru-baru ini, di mana pada Kamis (23/5), pembacaan awal S&P Global untuk manufaktur, jasa, dan PMI komposit bulan Mei menunjukkan aktivitas bisnis AS meningkat. 

Kemudian, pada saat yang sama, jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim pengangguran lebih sedikit dari perkiraan, hal ini menunjukkan kekuatan di pasar tenaga kerja. 

Selain itu, dia mengatakan harga emas kembali merosot karena risalah pertemuan FOMC pada 30 April - 1 Mei 2024 yang hawkish, sehingga menyebabkan kenaikan dolar dan peningkatan pada suku bunga obligasi, dan membuat harga emas menjadi bearish.

"Namun, penurunan harga emas ini hanya bersifat sementara, dan harga emas akan kembali bullish ke depannya," kata Wahyu kepada Kontan.co.id, Minggu (26/5).

Baca Juga: Harga Minyak Stabil di Tengah Penantian Investor pada Kebijakan Suku Bunga AS

Dengan begitu, dia memperkirakan harga emas akan diperdagangkan di level US$ 2.410 per ons troi pada akhir kuartal II-2024. Sedangkan, pada akhir tahun diproyeksi harga emas akan berada di US$ 2.483 per ons troi.

Sementara untuk harga perak, Wahyu menyebutkan tetap stabil. Bahkan naik, mendekati puncak kisaran karena sentimen risk on naik lebih tinggi. 

Berdasarkan Trading Economics, Minggu (26/5) pukul 16.25 WIB, harga perak naik 0,63% ke level US$ 30,34 per ons. Hal ini karena adanya dukungan fundamental jangka panjang, termasuk pertumbuhan global yang positif dan permintaan yang kuat. 

Wahyu mengatakan, harga perak naik juga didorong oleh pandangan positif terkait pertumbuhan global, sehingga menyebabkan analis seperti Marcus Garvey dari Macquarie berspekulasi bahwa perak bisa mendapatkan keuntungan lebih karena permintaan meningkat untuk penggunaannya dalam pembuatan panel surya, berbagai perangkat elektronik dan perhiasan. 

Baca Juga: Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian Hari Ini, Jumat (24/5/2024) Kompak Turun

Selain itu, dia mengatakan bahwa tingkat suku bunga yang tinggi dapat mengurangi daya tarik aset non-bearing, namun logam putih tetap didukung oleh aplikasi industrinya. 

Dia pun memperkirakan harga perak akan diperdagangkan pada US$ 31,50  per ons pada akhir kuartal ini. Sementara pada akhir tahun 2024, harga perak akan berada di posisi US$ 32,15 per ons.

Lebih lanjut, Wahyu mengatakan bahwa penurunan harga emas juga tidak membuat harga platinum ikut merosot. Berdasarkan Trading Economics, MInggu (26/5) pukul 16.30 WIB, harga platinum naik 0,64% ke level US$ 1.034 per ons troi.

Wahyu menyebutkan, harga platinum bahkan naik melampaui US$ 1.000 per ons troi, mencapai level tertinggi dalam hampir satu tahun. Dia menilai, hal ini didorong oleh kekhawatiran kekurangan pasokan dan tanda-tanda permintaan yang kuat. 




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×