kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Transaksi olein di bursa lokal menurun


Jumat, 08 Juni 2012 / 05:45 WIB
Transaksi olein di bursa lokal menurun
ILUSTRASI. Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN dilaporkan ke KPPU, ini sebabnya


Reporter: Marantina Napitu |

JAKARTA. Volume transaksi minyak olein di Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan Indonesia Commodity and Derivative Exchange (ICDX), menurun. Transaksi komoditas yang merupakan turunan dari crude palm oil (CPO) sepi karena banyak pemodal kembali terpukau emas. Maklumlah, selama Mei kemarin, emas kembali berfluktuasi.

Jumlah kontrak olein yang diperdagangkan di BBJ selama Mei sebanyak 2.674 lot, turun 9,6% dibandingkan volume selama April.

Sedang volume transaksi olein di ICDx turun 43% menjadi 80 lot. Padahal, di awal tahun, volume transaksi olein mencapai 1.429 lot. Akan tetapi, volume transaksi CPO jenis CPOTR di ICDX, naik 6% menjadi 70.602 lot.

Direktur BBJ, Roy Sembel, menuturkan, penyebab penurunan volume olein adalah kenaikan harga emas. Banyak pemodal di BBJ melepas kontrak CPO dan beralih ke kontrak emas. “Ini wajar karena transaksi emas lebih menjanjikan saat ini,” ujar dia.

Harga CPO turun

Pengelola BBJ menilai, penurunan itu belum mengkhawatirkan. "Volume transaksi multilateral masih sesuai dengan target," tutur Roy.

Head of Product Development ICDX, Retno Manuputty, menuturkan, minat bertransaksi kontrak olein merosot karena harga CPO jalan di tempat. Kebanyakan pemodal di ICDX juga lebih memilih mentransaksikan kontrak CPO, CPOTR.

“Kami masih akan melakukan sosialisasi dan edukasi dengan para pialang. Selain itu, kami juga mencari spekulan umum untuk komoditas ini,” tutur dia. Namun, Retno optimistis, target volume transaksi olein mencapai 7.500 lot, di akhir tahun.

Ariana Nur Akbar, analis Monex Investindo Futures, menuturkan, tren jangka pendek CPO masih menurun. Secara fundamental, harga CPO bisa terangkat oleh kabar yang datang dari Malaysia, negeri penghasil terbesar kedua di dunia.

Malaysia bermaksud mengurangi pasokan ke dunia. Penyebabnya, produksi CPO di Malaysia selama Juli, turun hingga di bawah 1,86 juta ton akibat gangguan cuaca.

Ariana memprediksi, harga CPO akan meningkat menjelang bulan Ramadhan di awal Juli. Di masa puasa, permintaan CPO lazimnya meningkat tajam. Dia menduga harga CPO bisa ke kisaran RM 3.034 per ton-RM 3.151 per ton. “Volume transaksi di bursa berjangka juga akan naik lagi," kata dia.

Berbeda dengan kontrak CPO, Ariana menilai, kontrak olein kurang diminati pemodal. Dia menduga, pemodal menjauh dari kontrak olein, karena turunan CPO tersebut termasuk komoditas yang banyak digunakan industri.

Renji Bestari, pengamat pasar komoditas dari SoeGee Futures, menambahkan, koreksi harga untuk kontrak minyak sawit dan turunannya sudah terlalu dalam.

Komoditas pertanian tersebut sempat memperbarui rekor terendahnya, pada Senin (4/6) lalu, dengan menyentuh
RM 2.953 per ton. Dalam hitungan Renji, dalam waktu dekat akan terjadi pembalikan arah untuk tren harga CPO. "CPO berpotensi untuk mengalami rebound," ujar dia.

Apalagi, harga minyak mentah sudah merangkak naik, kendati masih tersendat. Karena itu Renji memperkirakan, harga CPO bisa rebound ke level RM 3.100 per metrik ton. Selama pekan ini, Renji memprediksi, harga CPO cenderung di kisaran RM 3.250 hingga RM 3.300 per ton. n

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×