kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45956,61   8,16   0.86%
  • EMAS1.017.000 0,30%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Tips Menabung dan Buka Tabungan untuk Pekerja Harian dan Lepas


Selasa, 15 November 2022 / 11:51 WIB
Tips Menabung dan Buka Tabungan untuk Pekerja Harian dan Lepas
ILUSTRASI. Kontan - Jtrust Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID -  Merencanakan anggaran dan pendapatan sebagian untuk ditabung merupakan dasar yang membangun kebiasaan menabung setiap bulan. Namun, pekerja harian atau pekerja lepas yang penghasilannya cenderung tidak selalu merasa kesulitan untuk menabung. Dengan jumlah langkah ini, Anda yang punya kendala itu tetap bisa menabung dan membuka tabungan.

Pertama, ketahui berapa rata-rata penghasilan Anda per hari atau per proyek. Ini penting untuk merencanakan anggaran keuangan bulanan Anda. Dari rata-rata penghasilan tersebut, cermati berapa pendapatan minimum Anda. Misalnya, penghasilan terkecil Anda adalah Rp2 juta per proyek. Dalam sebulan Anda bisa mengerjakan 2—3 proyek. Artinya, dalam sebulan Anda minimal bisa mendapatkan penghasilan Rp4 juta.

Baca Juga: Buka Tabungan Sekarang, Bisa Ikut Undian Berhadiah Mobil dan Emas

Hal yang sama berlaku untuk pekerja harian. Jika rata-rata penghasilan Anda Rp200.000—Rp250.000 per hari, artinya dalam sebulan dengan 20 hari Anda bisa mendapatkan penghasilan minimal Rp4 juta.

Kedua, rencanakan anggaran keuangan menggunakan patokan pendapatan minimum tersebut. Sebagai contoh di atas, Anda dapat merencanakan dengan pendapatan sebesar Rp4 juta per bulan. Prioritaskan anggaran untuk kebutuhan esensial dan yang mendukung pekerjaan Anda agar tidak kekurangan.

Ketiga, sisihkan pos tabungan sedari awal, minimal 10% dari total penghasilan sebulan. Pekerja lepas perlu memiliki tabungan dana darurat, yang dapat dipakai untuk menopang biaya hidup saat sepi proyek pekerjaan. Buka tabungan khusus untuk menyimpan dana darurat tersebut. Saat Anda memperoleh penghasilan yang lebih besar dari suatu proyek, alokasi tabungan juga harus lebih banyak agar dana darurat cepat terpenuhi.

Pilihan buka tabungan

Bagi Anda yang sedang leluasa membuka tabungan, J Trust Bank menyediakan sejumlah produk tabungan dengan berbagai manfaat dan promo menarik, contohnya Tabungan Tora. Tabungan Tora membebaskan biaya admin bulanan, termasuk biaya kartu ATM. Tabungan akan berkembang optimal, apalagi Tabungan Tora memberikan suku bunga yang kompetitif, yaitu hingga 3% per tahun.

Selanjutnya, Tabungan Tora memberikan fasilitas internet dan mobile banking . Menariknya lagi, nasabah dapat menikmati bebas biaya transfer antarbank, SKN, dan RTGS yang dilakukan secara online masing-masing 10 kali per bulan.

Kartu ATM Tabungan Tora didesain unik dengan karakter maskot J Trust Bank yang menggemaskan. Selain di ATM J Trust Bank, nasabah juga dapat bertransaksi di ATM Bersama dan Prima. Tersedia fasilitas bebas biaya tarik tunai di ATM Bersama dan Prima sebanyak empat kali per hari.

Nasabah hanya cukup menyetor saldo awal minimal Rp500.000 untuk membuka Tabungan Tora. Jika saldo tabungan di bawah Rp100.000, nasabah pun tidak dikenakan sanksi.

Selain Tabungan Tora, Anda dapat memilih Tabungan J Trust. Tabungan J Trust dapat dimiliki oleh nasabah individu maupun nonperorangan. Setoran awal minimum hanya Rp150.000 dan saldo minimumnya Rp100.000.

Nasabah Tabungan J Trust juga mendapatkan fasilitas bebas biaya admin kartu ATM. Kartu ATM Tabungan J Trust dapat digunakan pada jaringan ATM J Trust Bank, ATM Bersama, Prima dan jaringan lainnya yang bekerja sama dengan J Trust Bank. Jadi, akan lebih mudah jika Anda butuh tarik tunai atau bertransaksi lewat ATM.

Buka tabungan berhadiah gadget

Selama bulan November ini, nasabah yang membuka Tabungan Tora dan J Trust tertekan mengikuti promo hadiah langsung gadget kesehatan seperti oximeter, thermo gun, dan smartwatch . Persyaratannya, nasabah menyetor sejumlah dana tertentu dan bersedia tidak menariknya ( hold ) selama beberapa waktu. Jika nasabah menarik dana sebelum batas waktu yang ditentukan, akan dikenakan denda.

Ilustrasi dan detail program hadiah dapat dilihat dalam tabel berikut.

Tabungan

Penempatan (Rp)

Suku bunga (per tahun)

Periode Menahan dana

Jenis hadiah

Denda istirahat (Rp)

Tabungan Tora

Tabungan J Trust

Tabungan Tora

Tabungan J Trust

Tabungan Tora

Tabungan J Trust

5.000.000

10.000.000

7.500.000

15.000.000

7.500.000

15.000.000

0,5%

0,5%

0,5%

0,5%

0,5%

0,5%

8 bulan

4 bulan

12 bulan

6 bulan

9 bulan

5 bulan

oksimeter

oksimeter

Jam pintar

Jam pintar

Pistol termo

Pistol termo

164.000

164.000

397.000

397.000

300.000

300.000

Kalau banyak hadiah seperti ini, jadi makin semangat menabung ya? Segera raih hadiahnya dengan mengikuti promo hadiah langsung buka Tabungan Tora dan J Trust ini. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kantor cabang J Trust Bank terdekat, hubungi Ask J 1500 615 atau akses www.jtrustbank.co.id .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×