kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

The Fed dan BoJ mempertahankan pelonggaran, rupiah menguat


Kamis, 20 Juni 2019 / 10:32 WIB
The Fed dan BoJ mempertahankan pelonggaran, rupiah menguat

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nilai tukar rupiah menguat lagi di hari ketiga. Kamis (20/6), kurs rupiah spot menguat 0,19% ke Rp 14.243 per dollar Amerika Serikat (AS) dari harga penutupan kemarin pada Rp 14.270 per dollar AS.

Penguatan pun terjadi pada Jakarta interbank spot dollar rate (Jisdor). Kurs tengah ini menguat 0,24% ke Rp 14.236 per dollar AS dari sebelumnya Rp 14.271 per dollar AS. Jisdor pun menguat dalam tiga hari perdagangan terakhir. 


Rupiah menguat bersama dengan seluruh mata uang Asia. Penguatan ini terjadi di tengah pelemahan nilai tukar dollar AS. Indeks dollar yang mencerminkan nilai tukar dollar AS terhadap mata uang utama dunia hari ini turun ke 96,90. Padahal, indeks dollar terus bertahan di atas 97 dalam enam hari perdagangan sebelumnya.

Penurunan indeks dollar ini terjadi setelah bank sentral AS Federal Reserve meluncurkan sinyal penurunan suku bunga acuan paling cepat bulan depan. Bank sentral AS pun menurunkan prediksi inflasi tahun ini menjadi hanya 1,5% dari prediksi sebelumnya 1,8%.

Bank of Japan pagi ini pun mempertahankan kebijakan moneter di tengah risiko ekonomi global yang memburuk. BoJ mempertahankan suku bunga jangka pendek pada 0,1% dan panduan yield obligasi negara bertenor 10 tahun pada sekitar 0%. 

Bank sentral Jepang pun mempertahankan stimulus berupa pembelian obligasi negara sehingga kepemilikan BoJ pada obligasi negara bertambah sekitar ¥ 80 triliun per tahun.




TERBARU

Close [X]
×