kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

TEPCO Akuisisi 25% Saham Kencana Energi (KEEN) Senilai Rp 394,12 Miliar


Rabu, 16 Februari 2022 / 15:05 WIB
TEPCO Akuisisi 25% Saham Kencana Energi (KEEN) Senilai Rp 394,12 Miliar
ILUSTRASI. Pembangkit listrik tenaga air PLTA PT Kencana Energy Kencana Energi Lestari Tbk -


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Investor asal Jepang, TEPCO Renewable Power Inc resmi mengakuisisi 25% saham PT Kencana Energi Lestari Tbk (KEEN). Nilai akuisisi 25% saham disepakati senilai Rp 394,12 miliar. 

Melalui kesepakatan akuisisi, TEPCO RP yang merupakan investor strategis asal Negeri Sakura, Jepang resmi memilih KEEN sebagai afiliasi dalam pengembangan energi baru dan terbarukan di Indonesia.

Akuisisi saham KEEN merupakan langkah strategis TEPCO RP dan terobosan besar bagi TEPCO RP. “Langkah ini menandai investasi pertama TEPCO Renewable Power Inc di perusahaan energi baru terbarukan di luar negeri di luar Jepang yang mengelola beberapa perusahaan pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan," kata Presiden Direktur  TEPCO RP, Fubasami Seiichi dalam keterangan resminya, Rabu (16/2).

Baca Juga: IHSG Menguat ke 6.778,6 di Akhir Sesi Pertama Hari Ini, Asing Borong KEEN, BBNI, ASII

Pasca akuisisi, komposisi pemegang saham KEEN masing-masing TEPCO RP 25%, PT Paramata Indah Lestari (PIL) selaku pendiri 30,3%, serta pemegang saham lain (termasuk publik) sebesar 44,7%. Sebelum akuisisi, porsi PT PIL 30,3% dan pemegang saham lain, termasuk publik, sebesar 69,7%.

Wapresdir KEEN, Wilson Maknawi mengatakan, kehadiran TEPCO RP menjadi jawaban atas upaya manajemen dalam 2-3 tahun terakhir dalam rangka mengembangkan bisnis Perseroan.

“TEPCO RP dipilih menjadi investor strategis karena punya kesamaan visi dengan KEEN dalam mengembangkan energi hijau sekaligus memberi nilai tambah bagi pemegang saham Perseroan,” ujar Wilson Maknawi.

Pada sisi lain, terobosan TEPCO RP juga didasari keyakinan bahwa KEEN  menjadi mitra yang tepat untuk pengembangan potensi energi baru terbarukan di Indonesia.

Di mata TEPCO RP, KEEN sudah terbukti  sebagai perusahaan energi baru terbarukan yang fokus pada pembangkit listrik tenaga air. Hal ini dibuktikan dengan pengembangan  tiga anak perusahaan pembangkit listrik tenaga air.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×