kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tembus level tertinggi dalam 6,5 tahun, harga platinum bakal lanjutkan kenaikan


Selasa, 16 Februari 2021 / 19:59 WIB
Tembus level tertinggi dalam 6,5 tahun, harga platinum bakal lanjutkan kenaikan
ILUSTRASI. Platinum. REUTERS/Ilya Naymushin


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga platinum sukses melesat ke level tertingginya dalam 6,5 tahun pada perdagangan Selasa (16/2). Mengutip Bloomberg, pada perdagangan hari ini platinum sempat menyentuh level tertingginya di US$ 1.339 per ons troi atau memberikan return 22,87% secara year to date (ytd).

Research and Education Coordinator Valbury Asia Futures Nanang Wahyudin mengungkapkan, kenaikan harga platinum seiring dengan ekspektasi bangkitnya ekonomi global. Kondisi tersebut tentunya dapat memicu kenaikan permintaan akan logam. 

"Permintaan platinum untuk kendaraan diproyeksikan meningkat karena adanya beberapa negara yang mengetatkan aturan penggunaan emisi gas buang (catalytic converter) dimana ini ada kaitannya dengan penggunaan platinum untuk kendaraan," jelas Nanang kepada Kontan, Selasa (16/2).

Baca Juga: Harga emas hari ini Rp 935.000 per gram, harga buyback Rp 820.000 (16/2)

Selain itu, masalah pasokan turut dialami produsen platinum terbesar di dunia yakni Afrika Selatan (Afsel) dimana tamang mengalami defisit selama tiga tahun berturut-turut. Ditambah lagi, sentimen terkait rencana pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk segera menggelontorkan stimulus fiskal senilai US$ 1,9 triliun semakin menguat. 

Ditambah lagi adanya harapan pemulihan perekonomian AS yang stagnan akibat Covid-19 lewat upaya Presiden AS Joe Biden yang bakal memborong sejumlah besar pasokan vaksin. Serangkaian data ekonomi penting AS juga tengah ditunggu oleh pelaku pasar, seperti data retail sales yang dirilis Rabu (17/2).

"Pasar kini menantikan minutes Bank Sentral AS (The Fed) perihal kebijakan moneter yang diputuskan dalam rapat kebijakan Januari lalu, serta pandangannya untuk ke depan," ujarnya. 

Untuk itu, Nanang menilai prospek harga platinum masih akan terus meningkat seiring tingginya permintaan yang belum diimbangi pasokan lantaran produksi kapasitas yang melemah.

Baca Juga: Terus meroket, harga platinum melonjak ke US$ 1.315 per ons troi pada pagi ini (16/2)

Sehingga, menurutnya potensi kenaikan masih akan berlanjut dan cukup terbuka untuk menyentuh level US$ 2.000 per ons troi, karena peningkatan paket stimulus global akan menopangnya. 

Adapun untuk rentang harga platinum sepanjang 2021 diprediksi berada di kisaran US$ 900 per ons troi hingga US$ 2.000 per ons troi. Pilihan buy on weakness atau beli di harga rendah menurutnya bisa dilakukan saat harga berada di level US$ 900 per ons troi hingga US$ 1.000 per ons troi. 

Selanjutnya: Turun Rp 5.000, simak daftar harga emas Antam selangkapnya untuk hari ini (16/2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×